MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG LEBIH BAIK PADA MATA KULIAH LINGUISTIK UMUM MELALUI LESSON STUDY

R. Panji Hermoyo (1), Sujinah . (2), Maria Endang P (3), Asror . (4)
(1) Pusat Jurnal Pendidikan dan Penelitian, Indonesia,
(2) Pusat Jurnal Pendidikan dan Penelitian,
(3) Pusat Jurnal Pendidikan dan Penelitian,
(4) Pusat Jurnal Pendidikan dan Penelitian

Abstrak

Abstrak

Lesson Study merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar di kelas yang melibatkan beberapa dosen yang terdiri dari beberapa siklus. Melalui lesson study diharapkan proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih baik.Pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uni- versitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), lesson study sudah diterapkan sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pada semester gasal tahun 2014, lesson study diterapkan pada mata kuliah Linguistik Umum dengan mahasiswa yang masih di semester satu. Diharapkan dalam lesson study pada semester gasal, mahasiswa yang masih baru dapat mempelajari linguistik umum dengan baik sebagai dasar dari ilmu bahasa yang lainnya. Metode yang digunakan dengan pengamatan langsung, instrumen pengumpulan data meliputi (1) lembar pengamatan kegiatan dosen model, (2) lembar penilaian proses dan hasil diskusi mahasiswa.Lesson Study semester gasal tahun 2014 dilakukan empat siklus, setiap siklus dosen model yang berbeda dan selalu dihadiri oleh beberapa observer juga perwakilan dari tim monitoring evaluasi internal. Peningkatan proses belajar mengajar pada mata kuliah linguistik umum mulai terlihat pada siklus dua; pada siklus satu, mahasiswa terlihat belum maksimal dalam belajar; siklus dua, mahasiswa mulai terlihat aktif dalam belajar; pada siklus tiga, mahasiswa semakin aktif dan kreatif dalam mengerjakan tugas; dan pada siklus empat, mahasiswa sangat aktif dan antusias dalam merespon tugas- tugas yang diberikan dosen.Keaktifan mahasiswa dalam proses belajar semakin baik, terlihat dengan kreativitas dan beragam kalimat jawaban yang disampaikan oleh mahasiswa.

Kata kunci: lesson study, linguistik, belajar

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Cerbin, Bill & Kopp, Bryan. A Brief Intro- duction to College Lesson Study. Les- son Study Project. online: http :// www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

https://ideguru.wordpress.com/2010/04/09/ lesson-study-untuk meningkatkan-proses-dan-hasil-pembelajaran/ diunduh 3 Desemebr 2014 pukul 10.00 WIB.

Lesson Study Research Group online: http:/

/ w w w. t c . e d u / l e s s o n s t u d y / whatislessonstudy.html

Lewis, Catherine (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/ 2004-1/lesson_lewis.htm

Mulyana, Slamet. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Sudrajat, akhmad, 2008, lesson studyuntuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.

Verhaar, J.W.M. 2010. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada Uni- versity Press.

Penulis

R. Panji Hermoyo
panji.pbsi@gmail.com (Kontak utama)
Sujinah .
Maria Endang P
Asror .

Rincian Artikel