STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA
Abstrak
Abstrak
Proses pembelajaran di sekolah masih banyak dilakukan secara konvensional, yang menyebabkan siswa tidak aktif dan kreatif, sehingga hasil belajar siswa tidak memuaskan. Dalam kurikulum 2006 kecakapan atau kemahiran yang diharapkan mencakup pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi serta pemecahan masalah. Komunikasi selalu menggunakan bahasa untuk bisa difahami. Di dalam pembelajaran
matematika harus difahami bahwa matematika merupakan suatu bahasa, yaitu serangkaian makna dari pernyataan yang akan disampaikan.Â
Pada proses pembelajaran kenyataannya siswa hampir tidak pernah diajak untuk mengkomunikasikan ide-idenya. Semua itu terlihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru maupun penggunaan model dan strategi pembelajaran yang cenderung konvensional. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, yang mestisnya sudah diubah menjadi berpusat pada siswa, agar siswa tidak pasif. Sehingga aspek kecakapan atau kemahiran yang diharapkan dapat tercapai, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa.Â
Salah satu cara yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa adalah penggunaan strategi think-talk-write dalam pembelajaran matematika. Strategi think-talk-write merupakan strategi pembelajaran menggunakan think yaitu berpikir, artinya memproses informasi secara kognitif. Talk adalah berbicara, yaitu suatu ketrampilan mengeluarkan suara untuk menyampaikan pendapat dari alam pikiran. Write artinya menulis, yaitu suatu kegiatan yang menghasilkan informasi dalam bentuk catatan. Penggunaan strategi think-talk-write dimulai dari memikirkan materi dengan memahami, mengkritisi, mencari pemecahan. Selanjutnya mengkomunikasikan melalui diskusi, tanya jawab. Terakhir menyajikan laporan dalam bentuk tulisan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ainy, Chusnal, 2007. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Makalah disampaikan pada Pelatihan Pembelajaran Kontekstual Bidang Studi Matematika Bagi Guru SMP se Kecamatan Waru
Sidoarjo, Juli 2007: UMSurabaya. Andriani, Melly, 2008. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan
Masalah Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Strategi
Think-Talk-write Berbasis Modul, Online, (http://mellyirzal.blogspot.com/2008/12/mengembangkan -kemampuankomunikasi, diakses 10 April 2009)
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga Jakarta : Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP
Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sain dan Matematika Sekolah Unesa.
Woolfolk, A.1993. Educational Psychology, Fifth Edition. Needham Heigth : Allyn and Bacon Publishers.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.