IMPLEMENTASI MONITORING DAN EVALUASI PROSES LESSON STUDY DI FKIP UM SURABAYA

Gunawan - (1), Yuni Gayatri (2), Dwijani Ratna Dewi (3), Chusnal Ainy (4), Yarno - (5)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(3) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(4) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(5) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan

Abstrak

ABSTRAK


Tim Monitoring dan evaluasi (Monev) internal secara spesifik melakukan enam tugas. Yakni, (1). Mengembangkan mekanisme pemantauan dan evaluasi; (2). Mengembangkan alat-alat pemantauan dan evaluasi yang diperlukan; (3). Melaksanakan monev dengan menggunakan mekanisme, prosedur, dan instrumen yang telah dikembangkan; (4). Mengomunikasikan temuan-temuan kepada Dekan sebagai bahan untuk pembuatan kebijakan pengendalian program. (6). Mengomunikasikan temuan-temuan monev kepada pihak pelaksana program di lapangan dalam Workshop Evaluasi. Tulisan ini berusaha (1). Memaparkan pelaksanaan Plan-Do-See Lesson Study di FKIP UMSurabaya pada semester genap tahun akademik 2013-2014; (2). Memberikan informasi tanggapan dosen, mahasiswa dan pimpinan fakultas terhadap pelaksanaan LS sebagai masukan kepada pengelola LS, pimpinan FKIP dan UMSurabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yang memaparkan hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dari angket, observasi dan wawancara. Pada pelaksanaan Plan dalam LS telah nampak partisipasi, kolegalitas, kolaboratif pada dosen-dosen Kelompok Bidang Keahlian (KBK), dilihat dari kehadiran dan adanya diskusi teman sejawat dalam penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, LKM, hand out, media). Fokus implementasi Do (pelaksanaan) dalam LS adalah aktivitas mahasiswa dan observer (pengamat). Fokus kegiatan See (Refleksi) adalah partisipasi, komunitas belajar dan kolegialitas. Hasil observasi tim dosen terfokus pada proses pembelajaran dan aktivitas mahasiswa. Dalam hal ini tetap mempertahankan prinsip kolaboratif dalam LS yakni kolegialitas, berkelanjutan, kolaboratif, mutual learning (saling belajar), pengkajian pembelajaran, pembinaan profesi, komunitas belajara. Materi sosialisasi LS memotivasi mereka mengimplementasikan LS dan meyakini dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam membelajarkan mahasiswa. Kegiatan pembelajaran memfokuskan pada permasalahan pembelajaran yang dialami mahasiswa dan telah memberikan masukan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Kerjasama antar anggota Kelompok Bidang Keahlian (KBK) sudah cukup baik.


Kata Kunci: Lesson Study, plan, do, see

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Lewis, Chaterine. 2004. Does Lesson Study Have a Future in the United States? Best practice lessons and lesson study. Journal

of Social Science Education 1-2004

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta.

____________, 2009, Buku 4: Panduan Monitoring dan Evaluasi Program LS Di LPTK, Direktorat ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Santoso, Djoko. 2011. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Pidato 20 Mei 2011.

Stigler, J. W. , & Hiebert, J. (1999). The Teaching Gap. NY: Free Press

Tim Monev-In UM Surabaya. 2011. Laporan Implementasi Monitoring dan EvaluasiProses Lesson Studi di FKIP UM Muhammadiyah Surabaya. Unpublished paper.

Tim Monev-In UM Surabaya. 2012. Laporan Implementasi Monitoring dan Evaluasi Proses Lesson Studi di FKIP UM Muhammadiyah Surabaya. Unpublished paper

Penulis

Gunawan -
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)
Yuni Gayatri
Dwijani Ratna Dewi
Chusnal Ainy
Yarno -

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama