FKIP UMSurabaya

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah

Chusnal Ainy, Umi Arifah

Sari

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran serta belum tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah. Hasil penelitian diperoleh 1) terdapat peningkatan aktifitas belajar  siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu yang aktif meningkat 16,67 %, yang cukup aktif meningkat 8,33 %. Sedangkan yang kurang aktif menurun dari 29,17 % tinggal 4,17%. Atau menurun 25 %. Ini berarti yang kurang aktif menjadi cukup aktif atau aktif. 2) Hasil belajar siswa, menunjukkan nilai awal yang tuntas hanya 66,67 %, pada siklus I meningkat menjadi 87,5 %dan pada siklus II meningkat menjadi 95,83 %. Artinya hasil belajar siswa meningkat setelah melalui pembelajaran berdasarkan masalah. Aktifitas guru sudah menunjukkan aktifitas yang sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran berdasarkan masalah sangat setuju.

Kata Kunci

Aktivitas, hasil belajar. Pembelajaran pemecahan masalah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta : Bina Aksara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 2017. Matematika SMP/MTs, kelas VIII

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 2017. Buku Guru Matematika SMP/MTs, kelas VIII

Madden, Thomas L. 2002. FIRE UP Your LEARNING. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sukandi, Ujang. 2003. Belajar aktif dan Terpadu, Apa Mengapa dan Bagaimana? Surabaya : Duta Graha Pustaka.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i3.6104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.