Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Prisma Kelas VIII dengan Pendekatan Scientific di SMP DR. Soetomo Surabaya
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan lembar kerja siswa matematia materi prisma kelas VIII dengan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsipkan pengembangan lembar kerja siswa matematika materi prisma kelas VIII dengan pendekatan scientific serta respon peserta didik. Penelitian pengembangan lembar kerja siswa ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Lembar kerja siswa ini divalidasi oleh dua validator yang terdiri dari dosen dan guru matematika. Penelitian ini diujicobakan di SMP DR. Soetomo Surabaya semester genap tahun ajaran 2014/2015 pada tanggal 29 April – 20 Mei 2015. Hasil penelitian diperoleh dari rata-rata total validasi dari aspek kelayakan isi, bahasa, dan penyajian sebesar 4,19 dengan kategori sangat valid. Penilaian lembar kerja siswa dari semua validator menyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan tes hasil belajar didapat presentase ketuntasan sebesar 93,94%. Angket respon peserta didik terhadap lembar kerja siswa secara keseluruan didapat presentase sebesar 84,95% dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa matematika dengan pendekatan scientific dinyatakan layak.
Full text article
References
http://belajarpendidikanku.blogspot.com/2013/02/model-model-pengembangan-bahan-ajar.html: diakses pada tanggal 26 Februari 2015.
Kemendiknas. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. http://tania.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/dokumen-kurikulum-2013.pdf: diakses pada tanggal 5 Januari 2015.
Novisa, Nunung. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sani, Ridwan Abdullah.2014. Pembelajaran Scientific untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ