Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya

Ovy Nuraini (1), Chusnal Ainy (2), Endang Suprapti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

SMP Mardi Putera Surabaya menentukan nilai Standart Kelulusan Minimal (SKM) sebesar 75 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa siswa masih di bawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru. Sehingga siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pelajaran matematika di SMP Mardi Putera Surabaya, peningkatan hasil belajar pada khususnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini dilakukan fase-fase tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian ini adalah kelas VIII-C. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Mardi Putera Surabaya. Terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa ke Siklus I yang memperoleh rata-rata 78,44 atau meningkat sebesar 15,15%. siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 79,25 atau meningkat sebesar 1,03%.

Full text article

Generated from XML file

References

Aga, Nur Azizah Eka Fitria Permatasari. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013â€. [Skripsi] (online). Diakses dari: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/413/ Juli, 29, 2015

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam

Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Dahar, Ratna Wilis.2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Ernawati, Eka. 2007. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Volum Bangun Ruang kelas V SD Muhammadiyah

Sedayu tahun 2007. (skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Hasanah, Roini Uswatun. 2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada siswa kelas VII E SMPN 45 Surabaya tahun ajaran 2010-2011. (skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

http://nasional.sindonews.com/read/804091/15/pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047 diakses pada tgl 31 januari 2015 pukul 14.22

http://www.wartamadani.com/2013/05/konsep-pembelajaran-ati-aptitude.html diakses pada tgl 16 februari 2015 pukul 10.15

Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu:Teori,Praktik dan Penilaian. Bandung : CV. Pustaka Cendikia Utama.

Mendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SMP/MTS Semester 2. Jakarta : pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

Mulyasa, H. E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarifuddin, Achmad. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Menghitung Volume Balok dan Kubus dengan Penggunaan Media Kubus satuan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surabaya. (skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Authors

Ovy Nuraini
mysunovy@yahoo.com (Primary Contact)
Chusnal Ainy
Endang Suprapti
Nuraini, O., Ainy, C., & Suprapti, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 86–104. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.100

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.