Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya
Abstract
SMP Mardi Putera Surabaya menentukan nilai Standart Kelulusan Minimal (SKM) sebesar 75 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa siswa masih di bawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru. Sehingga siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pelajaran matematika di SMP Mardi Putera Surabaya, peningkatan hasil belajar pada khususnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini dilakukan fase-fase tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian ini adalah kelas VIII-C. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Mardi Putera Surabaya. Terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa ke Siklus I yang memperoleh rata-rata 78,44 atau meningkat sebesar 15,15%. siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 79,25 atau meningkat sebesar 1,03%.
Full text article
References
Aga, Nur Azizah Eka Fitria Permatasari. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013â€. [Skripsi] (online). Diakses dari: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/413/ Juli, 29, 2015
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam
Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Dahar, Ratna Wilis.2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Ernawati, Eka. 2007. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Volum Bangun Ruang kelas V SD Muhammadiyah
Sedayu tahun 2007. (skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Hasanah, Roini Uswatun. 2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada siswa kelas VII E SMPN 45 Surabaya tahun ajaran 2010-2011. (skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
http://nasional.sindonews.com/read/804091/15/pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047 diakses pada tgl 31 januari 2015 pukul 14.22
http://www.wartamadani.com/2013/05/konsep-pembelajaran-ati-aptitude.html diakses pada tgl 16 februari 2015 pukul 10.15
Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu:Teori,Praktik dan Penilaian. Bandung : CV. Pustaka Cendikia Utama.
Mendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SMP/MTS Semester 2. Jakarta : pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.
Mulyasa, H. E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syarifuddin, Achmad. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Menghitung Volume Balok dan Kubus dengan Penggunaan Media Kubus satuan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Surabaya. (skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ