Pembelajaran Matematika Melalui Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya
Abstract
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 13 adalah karena kemampuan siswa dalam menguasai materi matematika masih rendah dan keaktifan siswa dalam menjawab permasalahan masih rendah sehingga siswa cenderung pasif. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa, aktivitas siswa, respon siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving, meningkatnya kemampuan siswa dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil analisa data kemampuan siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata , meningkat sebesar  dari nilai (UTS) semester genap dan dari siklus II meningkat  dari siklus I dengan rata-rata . Hasil analisis aktivitas siswa teliti dalam menyelesaikan masalah dengan memperoleh presentase terbesar, yaitu 20%. Respon siswa menunjukkan persentase 92,3% siswa berminat mengikuti pembelajaran matematika.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariani, Willis. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Skripsi. Surabaya: UM Surabaya Tidak Dipublikasikan.
Asrawi, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Media Domat Di SD Integral Luqman Al Hakim Sumenep. Skripsi. Surabaya: UM Surabaya Tidak Dipublikasikan.
Bambang, S.A. Metode Strategi Mengajar (https://bambangsrianggoro.wordpress.com/metode-strategi-mengajar/), (online) diakses pada 02-02-2016.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Pontianak: ALFABETA
David, Jonassen. H, 2004. Learning To Solve Problems An Instructional Design Guide. San Fransisco.
Djamarah, S.B. & Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, Robert. Teori Belajar. Tersedia di http://www.vilila.com/2010/10/teori-belajar-robert-gagne-1916-2002.html/, (online) diakases tanggal 02-03-2016
Gani, M.R. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran TAPPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga dI MAN 2 Kudus. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Hamzah, A. & Mushlisrarini. 2013. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hanafiah, N. & Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Johnson, S. D. & Chung. 1999. The Effect Of Thinking Aloud Pair Problem Solving On The Troubleshooting Ability Of Aviation Technician Students. Jurnal of Agricultural Education. Tersedia di
(http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v37n1/john.html), (online) diakses pada 02-03-2016.
Masriyah. 2007. Modul 9 Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Purwodarminto. 1988. Pengertian Kemampuan. Tersedia di (http://www.sarjanaku.com), (online) diakses pada 06-03-2016.
Slameto. 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Stice, J.E. 1987. Teaching Problem Solving. Tersedia di (http://wwwinst.eecs.berkeley.edu/~ee301/fa13/Readings/teaching_problem_solving_stice.pdf), (online) diakses pada 28-01-2016.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Suyitno, A. 2006. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.
Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Winarti, Atik. 2008. CTL Matematika SMP Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Depdiknas.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ