Korelasi antara Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui korelasi antara mata kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji analisis korelasi. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah tahun angkatan 2009 yaitu sebanyak 34 mahasiswa. Hasil penelitian uji korelasi antara mata kuliah Matematika SMA I dengan PPL tidak ditemukan korelasi pada signifikan 0.05. Sedangkan pada pengujian korelasi antara mata kuliah Matematika SMA II dengan mata kuliah PPL tidak ditemukan korelasi pada signifikan 0.05. Pada pengujian rata – rata Matematika SMA I dan II dengan PPL diperoleh αhitung > αtabel yakni 0.072 > 0.05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi, tetapi ada hubungan yang lemah dengan arah positif yang tidak signifikan pada signifikansi 0.05.
Artikel teks lengkap
Referensi
Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
http://masthoni.wordpress.com/2009/07/12/melihat-kembali-definisi-dan-deskripsi-matematika/ diunduh tanggal 15 Maret 3013.
Irianto, Agus. (2006). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2004). Statistik Terapan. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Soemantri, Sandha. (2012). Korelasi Antara Komposisi Peserta Tes Dengan Kecemasan Siswa, Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Surabaya: Universitas Muhammadiyah. Skripsi tidak dipublikasikan.
Sunarto. (2001). Metodologi Penelitian Ilmu – Ilmu Sosial dan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.
Universitas Muhammadiyah Surabaya. (2011). Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Wikanta, Wiwi dkk. (2009). Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.