Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Matematika Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Sefti Ika Wulansari (1), Chusnal Ainy (2), Endang Suprapti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Matematika masih menjadi pelajaran yang tidak diminati bagi sebagian besar siswa. Sehingga siswa kurang memiliki motivasi untuk mempelajarinya. Guru sebagai salah satu elemen utama yang berperan dalam kegiatan pembelajaran di kelas menjadi komponen penting sebagai pembangkit motivasi belajar siswa. Dengan menjadi sosok idola bagi para siswanya, prilaku guru seperti rasa cintanya terhadap matematika, semangatnya mengerjakan soal matematika dan prestasi yang ia dapat akan diaplikasikan siswa kedalam dirinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Siawa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabayaâ€. Dengan metode yang di gunakan adalah metode deskriptif  kuantitatif, karena penelitian ini akan menganalisa pengaruh yang diberikan dari Guru Matematika Idola di kelas X-1 hasil belajar siswa melalui motivasi belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika idola berpengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar matematika sebesar 71.4% dan sisanya 38.6% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian.

References

Read More

Authors

Sefti Ika Wulansari
sefti.light@gmail.com (Primary Contact)
Chusnal Ainy
Endang Suprapti
Wulansari, S. I., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Matematika Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 103–114. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.531

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.