Efektivitas Math Thinkers pada Materi Geometri Bangun Datar Segiempat dan Segitiga

Zharotul Azizah (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui Media Math Thinkers pada siswa kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas kegiatan siswa dicapai karena tujuh dari delapan kegiatan siswa dalam rentang waktu yang ideal; (2) Efektivitas kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran tercapai dengan baik; (3) Kelengkapan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 70% dari semua siswa telah mencapai KKM atau kelengkapan secara individu; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Dengan demikian, pendekatan Media Math Thinkers efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika di kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya.

Full text article

Generated from XML file

References

Amala, D. N. (2016). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Generative Learning dengan Metode The Study Group pada Siswa Kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ariani, W. (2014). Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 10 Surabya. Universitas Muhammadiya Surabaya.

Nopriana, T. (2017). Berpikir Geometri Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–50.

Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Van de Walle, J. A. (2001). Geometric Thinking and Geometric Concepts. In Elementary and Middle School. Mathematics: Teaching Developmentally, 4th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Authors

Zharotul Azizah
zharotula@gmail.com (Primary Contact)
Azizah, Z. (2019). Efektivitas Math Thinkers pada Materi Geometri Bangun Datar Segiempat dan Segitiga. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.1547

Article Details