Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Soal Open Ended pada Materi Bangun Tabung

Rosita Dwi Ferdiani (1), Nur Farida (2), Tatik Retno Murniasih (3)
(1) Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia,
(2) Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia,
(3) Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif pada materi tabung. Peningkatan kreativitas dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika di sekolah. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika di MTs Miftahul Ulum Ngembal, didapat informasi bahwa kurangnya kemampuan siswa khususnya kelas IX dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika yang membutuhkan pemikiran kreativitas. Kurang kemampuan ini disebabkan kurangnya kebiasaan yang membutuhkan pemikiran kreatif. Siswa dibiasakan untuk mengerjakan permasalahan  rutin atau soal-soal pengaplikasian rumus yang  terdapat di buku pelajaran atau di LKS. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dari 38 siswa. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator kemampuan berpikir kreativitas yaitu kelancaran, fleksibel, dan orisinil. Dari hasil penelitian didapatkan subjek 1 mempunyai kemampuan dalam berpikir lancar, fleksibel dan orisinal. Subjek 2 mempunyai kemampuan berpikir lancar dan orisinal. Subjek 3 mempunyai kemampuan berpikir orisinal.

Full text article

Generated from XML file

References

Chamberlin, S., & Moon, S. (2005). Model-eliciting activities as a tool to develop and identify creatively gifted mathematicians. Journal of Secondary Gifted Education, 17(1), 37-47.

Damayanti, H. T, Sumardi. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 36-45.

Liljedahl, P. & Sriraman, B. (2006). Musings on Mathematical Creativity. For The Learning of Mathematics, 26(1), 20-23.

Mann, E. (2006). Creativity: The Essence of Mathematics. Journal for the Education of the Gifted, 30(2), 236-260.

Mursidik, M. E., Samsiyah, N., & Rudyanto, E. H. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal LPPM, 2(1), 7-13.

Nasution, T. K, Surya E., Asmin, & Sinaga, B. (2017). An Analysis of Student’s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(2). 3860-3866.

Nohda, N. (2000). Teaching by Open-Approach Method in Japanese Mathematics Classroom. In T. Nakahara & M. Koyama (Eds.), Proceedings of the Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (PME), 24(1), 39-55. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED466736.pdf

Sriraman, B. (2005). Are Giftedness and Creativity Synonyms in Mathematics?. Journal of Secondary Gifted Education, 17(1), 20-36.

Vale, Isabel, and Barbosa, A. (2015). Mathematics Creativity in Elementary Teacher Training. Journal of the European Teacher Education, 10. 101-109

Vale, I., Pimentel, T., Cabrita, I., Barbosa, A. & Fonseca, L. 2012. Pattern problem solving tasks as a mean to foster creativity in mathematics. Tso, T. Y. (Ed), Opportunities to learn in mathematics education. Proceedings of the 36th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, vol. 4, pp. 171-178. Taipei, Taiwan: PME

Authors

Rosita Dwi Ferdiani
rositadf@unikama.ac.id (Primary Contact)
Nur Farida
Tatik Retno Murniasih
Ferdiani, R. D., Farida, N., & Murniasih, T. R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Soal Open Ended pada Materi Bangun Tabung. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2595

Article Details

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.