Strategi Pelayanan Account Officer Analisis Pembiayaan pada Anggota Baitul Maal Wat Tamwil

Riski Rusmia (1), Irmayanti Hasan (2)
(1) ,
(2)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pelayanan Account Officer Analisis Pembiayaan pada anggota Baitul Maal Wat Tamwil. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di BMT UGT Sidogiri Cabang malang kota, dimana lembaga tersebut sudah memiliki AO (Account Officer) terbanyak semalang raya kota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pelayanan AOAP pada anggota BMT telah menerapkan sistem pelayanan kepada anggotanya yaitu dengan cara: senyum sapa salam, tanggung jawab, melayani tepat waktu, bicara secara jelas, amanah, pengetahuan dan kemampuan yang baik, menerima keluhan anggota secara profesional, dan kepercayaan. Meskipun sudah diterapkan dasar pelayanan AOAP, masih terdapat kendala yang dialami oleh anggota seperti kurangnya respon dan tindakan yang kurang memuaskan dari karyawan AOAP.

 

Kata Kunci: Strategi, Pelayanan, Pelayanan Baik

Full text article

Generated from XML file

Authors

Riski Rusmia
rizkirusmia9y@gmail.com (Primary Contact)
Irmayanti Hasan
Rusmia, R., & Hasan, I. (2023). Strategi Pelayanan Account Officer Analisis Pembiayaan pada Anggota Baitul Maal Wat Tamwil. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(3). https://doi.org/10.30651/jms.v7i3.18827

Article Details