Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah

Riskia Putri (1), Fadilah Fadilah (2)
(1) ,
(2)

Abstract

Abstrak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan di BPRS Bhakti Sumekar kemudian dijabarkan dalam dua fokus penelitian yaitu pertama strategi pemasaran produk pembiayaan KPR Syariah dan kedua untuk mengetahui strategi manakah yang paling efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran produk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah dan untuk mengetahui strategi yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan bauran pemasaran 4p (Product, Price, Place, Promotion). Sedangkan strategi yang paling efektif adalah strategi promosi, dimana pihak bank bersosialisasi kesemua instansi dan membagikan brosur secara langsung ke masyarakat. Pemasaran yang dilakukan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep sudah sesuai syariah dan selalu mengedepankan pelayanan yang optimal serta menjunjung tinggi etika, moral dan akhlak dalam segala kegiatan operasional.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran ;Pembiayaan ; KPR Syariah

Full text article

Generated from XML file

References

DAFTAR PUSTAKA

Annisa Humaira. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Syariah (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh).†Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2019.

Ashari, Nur Aini, dan Asidigisianti Surya Patria. “PERANCANGAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM TENUN IKAT ‘PARADILA’ LAMONGAN.†Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) 6, no. 2 (8 September 2021): 237. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3082.

Fahmi Hakim. “Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Jakarta Abdul Muis.†Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2021.

Luluk Marinda Sari. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan.†Institut Agama Islam Negeri Madura, 2021.

Rafsanjani, H. (2022). Kaidah-Kaidah Fiqh (Qawa’id Al-Kulliyah) tentang Keuangan Syariah. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 7(2).

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Sigit Triandaru. Bank dan lembaga keuangan lain / Sigit Triandaru, Totok Budisantoso. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. 23 ed. Bandung: Alfabeta cv, 2016.

Authors

Riskia Putri
riskiaputri03@gmail.com (Primary Contact)
Fadilah Fadilah
Putri, R., & Fadilah, F. (2023). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2). https://doi.org/10.30651/jms.v8i2.18568

Article Details