PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP, KEMAMPUAN MERANCANG SKENARIO PEMBELAJARAN BIOLOGI DAN KOMUNIKASI MAHASISWA MELALUI PEMODELAN PADA PERKULIAHAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Yuni Gayatri (1), Amiq Fiqriyati (2), Kamaliyah Rahmayati (3), Lina Listiana (4)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(3) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(4) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pemodelan dalam perkuliahan strategi belajar mengajar untuk meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan merancang skenario pembelajaran biologi dan komunikasi mahasiswa. Subyek penelitian
adalah mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMSurabaya angkatan tahun 2013 pada semester 3 tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan prosedur Lesson Study Cycle (Plan, Do, See) sebanyak 4 siklus. Instrumen
yang digunakan adalah lembar tes tulis untuk penguasaan konsep model-model pembelajaran, lembar penilaian produk untuk kemampuan merancang skenario pembelajaran biologi dan lembar observasi untuk menilai kemampuan komunikasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1). Rancangan pembelajaran yang
dihasilkan memuat kegiatan inti yang terdiri dari (a) tahap eksplorasi merupakan pemodelan suatu model pembelajaran tertentu yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa bertindak sebagai siswa dan sekaligus sebagai pengamat (observer). Pemodelan ini menggunakan
RPP dan LKS pemodelan; (b). Tahap elaborasi di mana mahasiswa secara berkelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKM berdasarkan hasil pengamatan mereka; (c). Pada tahap konfirmasi, dosen membimbing mahasiswa mengerjakan LKM dan melakukan diskusi
kelompok serta memberi umpan balik. Penggunaan pemodelan dapat meningkatkan:1). Penguasan konsep model-model pembelajaran pada mahasiswa mencapai nilai rata-rata 80,3; 2). Kemampuan mahasiswa dalam merancang skenario pembelajaran biologi, secara kelompok mencapai nilai rata-rata 82,62, sedangkan secara individu mencapai 89,15; 3). Kemampuan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan hasil pengamatan dan hasil rancangan dalam diskusi kelompok/kelas, serta kemampuan mahasiswa memberikan tanggapan/jawaban pertanyaan termasuk kategori baik.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Beaumont, John, 2010, A Sequence of Critical Thinking Tasks, Borough of Manhattan Community College City University of

New York.

Llewellyn, Douglas, 2005, Teaching School Science Through Inquiry, California: Corwin Press

NRC, 2011, Assesing 21st Century Skills, Summary of a workshop, J. A. Koenig, Rapporteur, Committee on the Assesment, Division of Behavioral and Social Sciences and education, Washington DC: The National Academic Press.

Slavin, Robert. E. , 2006, Educational P,sychology: Theory and Practice, 8th ed, Boston New York: United State of America.

Susilo, Herawati, 2009, Lesson Study Sebagai Pilihan Sarana Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penyiapan Calon Guru MIPA Di LPTK, Makalah, Disajikan dalam Workshop Lesson Study bagi Dosen FMIPA UM tanggal 19-20 Februari 2009

Woolfolk, Anita, 2009, Educational Physchology, Edisi 10, (Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Penulis

Yuni Gayatri
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)
Amiq Fiqriyati
Kamaliyah Rahmayati
Lina Listiana

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found