EVALUASI REMEDIAL DAN DIAGNOSTIK SEBAGAI PENENTU HASIL BELAJAR

Alvira Nandya Putri (1), Maya Purnama (2)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

          Evaluasi diagnostik yaitu sebuah evaluasi yang berfungsi untuk mengetahui lebih dalam kelemahan yang dimilki peserta didik agar dapat diberikan perlakuan yang tepat sesuai dengan arah. Evaluasi Diagnostik membutuhkan prosedur yang tepat dan peran guru yang tinggi sebagai seorang evaluator. Jika siswa mengalami kegagalan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan berpengaruh terhadap hasil belajarnya maka evaluasi diagnostik menjadi langkah untuk seorang guru agar dapat menjadi evaluator yang baik. Evaluasi diagnostik dilakukan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh peserta didik dan agar dapat memberikan solusi yang baik pula. Sedangkan remidi merupakan program yang diberikan guru untuk mengulang materi yang kurang dipahaminya. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur dengan metode deskripsi guna memberikan wawasan kepada pendidik dan peserta didik terkait dengan evaluasi diagnostik dan remedial pada pembelajaran.

Referensi

Read More

Penulis

Alvira Nandya Putri
alvira0503@upi.edu (Kontak utama)
Maya Purnama

Rincian Artikel