EVALUASI REMEDIAL DAN DIAGNOSTIK SEBAGAI PENENTU HASIL BELAJAR

Alvira Nandya Putri (1), Maya Purnama (2)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstrak

          Evaluasi diagnostik yaitu sebuah evaluasi yang berfungsi untuk mengetahui lebih dalam kelemahan yang dimilki peserta didik agar dapat diberikan perlakuan yang tepat sesuai dengan arah. Evaluasi Diagnostik membutuhkan prosedur yang tepat dan peran guru yang tinggi sebagai seorang evaluator. Jika siswa mengalami kegagalan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan berpengaruh terhadap hasil belajarnya maka evaluasi diagnostik menjadi langkah untuk seorang guru agar dapat menjadi evaluator yang baik. Evaluasi diagnostik dilakukan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh peserta didik dan agar dapat memberikan solusi yang baik pula. Sedangkan remidi merupakan program yang diberikan guru untuk mengulang materi yang kurang dipahaminya. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur dengan metode deskripsi guna memberikan wawasan kepada pendidik dan peserta didik terkait dengan evaluasi diagnostik dan remedial pada pembelajaran.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

aYasir, I. (2016). Evaluasi Diagnostik dan Remedial oleh Guru dalam Proses Pembelajaran. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 2(3).

Apriliani, P. N., Sudiana, I. K., & Wiratini, N. M. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 43-51.

Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1).

Hidayati, T., Nugroho, S. E., & Sudarmin, S. (2013).

Pengembangan tes diagnostik untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains dengan tema energi pada pembelajaran IPA terpadu. Unnes Science Education Journal, 2(2).

Fahruddin, F., & Pertiwi, B. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Remedial Online di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 747-753.

Rosdiana, R. Evaluasi Program Pembelajaran Remedial pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Donri Donri. PEP Educational Assessment, 1(1), 51-58.

Jamildayanti, J. (2019). Efektivitas Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XII SMA 4 Bone. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 28-42.

Insani, A. N., Anwar, S., & Supriadi, U. (2020). Efektivitas Program Remedial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMA (Studi Eksperimental Kelas X SMA Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung). Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 65-74.

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2013). Implementasi model hybrid learning pada proses pembelajaran mata kuliah statistika ii di prodi manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Ramdani, R., Rahmat, M., & Fakhruddin, A. (2018). media pembelajaran e-learning Dalam pembelajaran pendidikan agama islam Di sma laboratorium percontohan upi Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47-59.

Hernawan, A. H., Lestari, T., & Permatasari, E. STUDI EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA PADA RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DALAM MASA PANDEMI COVID 19. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 104-111.

Aisyah, S. N., & Al Gifari, M. (2020). STUDI DESKRIPTIF HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH CHASSIS OTOMOTIF (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sojanah, J., Ferlinda, T., & Kodri, K. MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR SISWA SEBAGAI DETERMINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 20(1), 54-65.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 118). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Zaim, M. (2016). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Kencana.

Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229.

Penulis

Alvira Nandya Putri
alvira0503@upi.edu (Kontak utama)
Maya Purnama

Rincian Artikel