Optimalisasi Pembelajaran dan Bimbingan Konseling Saat Pandemi COVID-19 di TK Unggulan An-Nur Surabaya

Nur Qomariyah (1), Imam Syafi’i (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstrak

Salah satu dampak saat pandemi adalah pendidikan. Bagaimana pembelajaran tetap berlangsung walaupun dalam masa pandemi Covid-19. Namun, banyak wali murid yang merasa bahwa pembelajaran daring jika diterapkan pada anak usia dini dirasa kurang maksimal. Penelitian ini menerapkan pendekatan fenomenal deskriptif dengan teknik wawancara dan obervasi. Instrumen pertanyaan wawancara berisikan 30 pertanyaan, dengan narasumber kepala sekolah dan 7 guru kelas yang ada di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hasil penelitian ini adalah Di TK Unggulan An-Nur Surabaya menerapkan pembelajaran daring maupun luring. Bimbingan dan konseling tetap diterapkan sebagaimana sebelum pandemi. Saat pembelajaran melalui daring, wali murid dapat berkonsultasi pribadi dengan guru kelas. Kegiatan home visit yang dilakukan adalah sebagai bentuk observasi yang dilakukan oleh sekolah ke rumah wali murid dengan tujuan mengobservasi bagaimana latar belakang peserta didik dan lingkungannya.

Referensi

Read More

Penulis

Nur Qomariyah
dhommy.arsam@gmail.com (Kontak utama)
Imam Syafi’i

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found