PENERAPAN VARIASI KEGIATAN APERSEPSI DAN PEMBELAJARAN INTERACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN PRONUNCIATION MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PRONUNCIATION PRACTICE
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Pronunciation Practice. Melalui Lesson Study dosen dapat mengujikan rencana pembelajaran yang diterapkan dalam mata kuliah Pronunciation Practice. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi interactive learning dengan metode inkuiri dan diskusi kelompok adalah strategi dan metode yang paling tepat digunakan dalam mata kuliah Pronunciation Practice dimana mahasiswa mendapat lebih banyak kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan individu secara berkelompok. Selain itu, peningkatan kegiatan apersepsi di awal pembelajaran memungkinkan mahasiswa membangun kesadaran dan kesiapan diri pada materi pembelajaran.
Artikel teks lengkap
Referensi
Nordquist, Richard. 2014. Pronunciation. http://grammar. about. com/od/pq/g/pronunciaterm. htm
Susilowati, Herawati. 2012. Peningkatan Mutu Perkuliahan di Perguruan
Tinggi Melalui Lesson Study. Makalah disajikan dalam lokakarya LS di
UMSurabaya, 9 Februari 2012
Tugino. 2013. Model-model Pembelajaran Interaktif. http://mastugino. blogspot. com diunduh pada 11/6/2014
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda
karya.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.