ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD di SMA Kr. IPH 2 SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengukur kinerja sekolah dengan pendekatan Balanced Scorecard. Dan sekolah yang menjadi tempat penelitian adalah SMA Kr. IPH 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengukur kinerja SMA Kr. IPH 2 dari empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif keuangan dan perspektif proses bisnis internal. Hasil dari pengolah data pada penelitian ini menunjukkan kinerja perspektif pelanggan memperoleh skor 3,1. Kinerja pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang sangat baik, yaitu skor 3,7. Kinerja perspektif keuangan mendapat skor 3 yang artinya kinerja sekolah sudah efisien, efektif, dan ekonomis. Sedangkan kinerja perspektif proses bisnis internal mendapat skor 3,6. Dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja SMA Kr. IPH 2 secara menyeluruh masuk kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 3,3. Saran untuk manajemen SMA Kr. IPH 2 adalah (1) menerapkan strategi untuk meningkatkan performa keempat aspek, (2) upaya peningkatan profesionalisme guru secara berkelanjutan, (3) mengupayakan jalinan Kerjasama baru dengan universitas dalam dan luar negeri.
Artikel teks lengkap
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.