Mengkostruksi Luas Selimut Bola

Erlin Ladyawati (1)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstrak

Guru matematika dianjurkan untuk memikirkan dan melakukan usaha yang kreatif agar dapat “meng-konkret-kan†objek matematika yang abstrak itu sehingga dapat mudah ditangkap atau dipahami oleh siswa. Contohnya kegiatan ilmiah dalam mengkonstruksi konsep luas selimut bola melalui konsep bangun datar. Bola merupakan salah satu contoh bangun ruang sisi lengkung selain tabung dan kerucut. Setelah menemukan benda konkret dari bola, siswa mulai memikirkan bagaimana model yang dapat digunakan untuk menemukan luas permukaan bola melalui beberapa bangun datar. Jika kita membuat bangun datar lingkaran dengan diameter sama dengan diameter belahan bola maka akan diperoleh empat lingkaran. Jika kita membuat bangun datar persegi panjang, yang panjangnya sama dengan keliling belahan bola dan lebarnya sama dengan diameter belahan bola. Jika kita membuat bangun datar jajar genjang, yang alasnya sama dengan keliling belahan bola dan tingginya sama dengan diameter belahan bola. Jika kita membuat bangun datar segitiga yang alasnya sama dengan keliling belahan bola dan tingginya sama dengan dua kali diameter belahan bola. kita membuat bangun datar layang-layang, yang diagonalnya berturut-turut sama dengan keliling belahan bola dan dua kali diameter belahan bola.

Referensi

Read More

Penulis

Erlin Ladyawati
erlin@unipasby.ac.id (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found