Mengkostruksi Luas Selimut Bola
Abstrak
Guru matematika dianjurkan untuk memikirkan dan melakukan usaha yang kreatif agar dapat “meng-konkret-kan†objek matematika yang abstrak itu sehingga dapat mudah ditangkap atau dipahami oleh siswa. Contohnya kegiatan ilmiah dalam mengkonstruksi konsep luas selimut bola melalui konsep bangun datar. Bola merupakan salah satu contoh bangun ruang sisi lengkung selain tabung dan kerucut. Setelah menemukan benda konkret dari bola, siswa mulai memikirkan bagaimana model yang dapat digunakan untuk menemukan luas permukaan bola melalui beberapa bangun datar. Jika kita membuat bangun datar lingkaran dengan diameter sama dengan diameter belahan bola maka akan diperoleh empat lingkaran. Jika kita membuat bangun datar persegi panjang, yang panjangnya sama dengan keliling belahan bola dan lebarnya sama dengan diameter belahan bola. Jika kita membuat bangun datar jajar genjang, yang alasnya sama dengan keliling belahan bola dan tingginya sama dengan diameter belahan bola. Jika kita membuat bangun datar segitiga yang alasnya sama dengan keliling belahan bola dan tingginya sama dengan dua kali diameter belahan bola. kita membuat bangun datar layang-layang, yang diagonalnya berturut-turut sama dengan keliling belahan bola dan dua kali diameter belahan bola.
Artikel teks lengkap
Referensi
Bell Gredler. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo. Pustaka Belajar.
Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Gravemeijer.K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freundenthal Intitute.
Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
----------------------. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang
-----------------------.2013. Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Skemp, R. R. 1982. Lectures on the Philosophy of Mathematics. Amsterdam: Editions
-----------. 1987. The Psychology of Learning Mathematics. New Jersey, NJ: Lawrence Erlbaum
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional
-----------. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran. Bandung: PT. Tarsito.
Suparno, Paul. 2000. Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Yogyakarta : Kanisius.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.