PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA
Abstrak
ABSTRAK
Salah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age), suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan. Ada beberapa perkembangan pada anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang lain. Unsur-unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannya
secara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan problem based learning. Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatan
Lesson Study di program Studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang (plan) , mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologi
pembelajaran afektif anak usia dini.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arends, R. I. (2008). Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi Keujuh/Buku Satu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Buku Pedoman Penyaluran Hibah LS untuk LPTK 20- 22 April Sahid
Martati, Badruli. 2010. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Strategi Penanaman Nilai, Jilid 1., Bandung: Genesindo
Nurani, Sujiono Yuliani, . (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS
http://web. iaincirebon. ac. id. diunduh tanggal 26 Maret 2014.
http://desirositaelf. blogspot. com. diunduh tanggal 23 April 2014.
http://abazariant. blogspot. com. Diunduh tanggal 26 Maret 2014.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.