PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI MIND MAPPING PADA ANAK TK AISYAH 29 SURABAYA
Abstrak
ABSTRAK
Mind Mapping adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Mind mapping merupakan sebuah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita dengan memadukan kata kunci, cabang-cabang, dan gambar yang berwarna-warni (Buzan, 2012: 4).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK Aisyah 29 Surabaya. Kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan bercerita masih kurang terasah karena pembelajaran masih didominasi oleh kegiatan membaca dan menulis serta metode yang klasikal dan monoton, sehingga untuk meningkatkan kemampuan bahasa perlu adanya stimulus untuk melatih kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan penelitian 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan subjeknya adalah seluruh anak kelompok B TK AISYAH 29 Surabaya yang berjumlah 14 anak.
Berdasarkan penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan aktifitas anak yang dibuktikan dengan rerata 64% pada siklus I dan 76,3% pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatan aktifitas anak pada siklus II sebesar 12,4%. Selain dapat meningkatkan aktifitas anak dalam proses pembelajaran meningkatkan keterampilan bercerita. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil penilaian yang menunjukkan keterampilan bercerita anak pada siklus I reratanya sebesar 63,5%, dan pada siklus II reratanya 76,6%. Dari data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa keterampilan bercerita anak meningkat dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,1%. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah dengan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam pembelajaran
Artikel teks lengkap
Referensi
Bachri, Bachtiar S. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak- Kanak, Teknik dan Prosedurnya
Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Edward, Caroline. 2009. Mind Mapping Untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Sakti.
Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan Edisi V. Jakarta: Erlangga.
Masitoh. 2011. Developing Young Children’s Language Ability Trough Whole Language Approach and Its Implication on Teacher’s Role and Responsibility. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2009. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Resmini, Novi. 2010. Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Universitas
Sudjiono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syahodih, Ernawulan. 2004. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dikti Depdiknas.
Zaman, Dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.