PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGPAUD DALAM MATA KULIAH TARI UNTUK ANAK USIA DINI
Abstrak
Kegiatan lesson study ini bertujuan: 1) meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah tari anak usia dini melalui model pembelajaran kooperatif, 2) meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pada mata kuliah tari untuk anak usia dini melalui model pembelajaran kooperatif. Subjek kegiatan 24 orang mahasiswa prodi PG PAUD FKIP UM Surabaya Semester gasal TA 2013/2014. Prosedur kegiatan yang dilakukan: 1.perencanaan (Plan), 2. pelaksanaan (Do), 3.refleksi (See). Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil yang ada ini adalah aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif, terlihat dalam aktivitas dan prestasi mahasiswa yang mengalami peningkatan dalam siklus I sampai IV.
Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif, tari, anak usia dini
Artikel teks lengkap
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Kemmis S dan Mc Taggart . (1988) .The
Action Research Planner. Deakin: Deakin
Univercity Press
Moleong L.J. (2005). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning
Theory, Research and Practice. Second
Edition. Boston:Allyin and Bacon.
Sudjana. (2008). Manajemen Program
Pendidikan: Untuk Pendidikan Luar
Sekolah dan Pengembangan Sumber
Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Triyanto.(2009). Mendesain Model
pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep
landasan, dan Implementasinya Pada
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Jakarta: Kencana
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.