Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Buleleng Tahun 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) SMA Negeri di Kabupaten Buleleng pada aspek kemandirian, kemitraan, partisipasi masyarakat, transparansi, dan akuntabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 17 SMA Negeri di Kabupaten Buleleng. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dengan 5 aspek implementasi MBS. Instrumen penelitian ini adalah lembar kuesioner yang terdiri atas 128 pernyataan dan penilaian skala likert. Analisis data dilaksanakan dengan teknik analisis kuantitatif dengan kriteria kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Buleleng terlaksana sangat efektif di 5 aspek MBS baik dari segi kemandirian, kemitraan, partisipasi masyarakat, transparansi dan akuntabilitas dengan T-skor setiap aspek bernilai positif (+). Dengan demikian, implementasi MBS pada SMA Negeri di Kabupaten Buleleng Tahun 2023 memperoleh kualitas nilai T-skor (+ + + + +) dengan kategori sangat efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa efektivitas implementasi manajemen berbasis sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Buleleng Tahun 2023 berjalan sangat efektif.
Artikel teks lengkap
Referensi
Adrianto, N. (2007). Good E-Government: Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui E-Government. Banyumedia Publishing.
Aliyyah, R. R., Fauziah, R. S. P., & Safitri, J. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Kurikulum dan Partisipasi Masyarakat. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI). https://www.researchgate.net/publication/346434648
Ardiansyah, D., Mujakir, & Fathan, A. R. (2018). Manajemen Berbasis sekolah: Sekolah Menengah Atas. In Direktorat Pembinaan SMA.
Bera, L. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan: Case Studi di Sekolah Dasar Inpres Belang. Gema Wiralodra, 12(1), 126-138.
Boy, D., & Siringoringo, H. (2009). Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (Apbs) Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Ekonomi Bisnis, 14(12), 79–87.
Churdaini, M. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Negeri 17 Purworejo. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.208
Ginanjar, A., & Herman, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 3(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2942
Haluti, A. (2019). Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(2), 67–76. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/JTLR/article/view/944
Iswariati, S. (2023). Efektivitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 23 Tolitoli Kelurahan Baolan Kabupaten Tolitoli. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Janan, M. (2020). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Swasta Kota Langsa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 70–77. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4397
Jumari. (2017). Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Raman Utara Kabupaten. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol., 2(2), 164–178.
Kartika, Prasetia, I., & Sulasmi, E. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah : Analisis Keterlibatan Stakeholders di Perguruan Ahmad Yani Binjai. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi, 4(3), 327–337.
Mujiburrahman, Ridha, M., & Mahmudin. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah berorientasi pelayanan publik : teori dan implementasinya. In Yogyakarta: Zahir Publishing, Juli 2018 (Vol. 1, Issue 1).
Najemah. (2019). Pemberdayaan Potensi Guru dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Muara Batang Empu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 13(July), 1–23.
Opradesman, Tampubolon, H., & Sihotang, H. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 73–92. https://doi.org/10.33541/jmp.v8i1.2967
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Pub. L. No. 22, 1 (2023).
Pratama, F. N., & Windasari. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(02), 1–18.
Risno, D. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Aspek Peran Serta Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padang. Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan, 3(2), 777–785.
Sabil, H. (2014). Implementasi manajemen berbasis sekolah (mbs) di smpn 11 kota jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 1–12.
Safitri, D. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri Plus 17 Palembang. Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, 2(2), 204–219.
Sairi, A., & Safrizal, M. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA 1 Muhammadiyah Kota Palembang. Ad-Man-Pend : Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 47–53. http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation
Suendi, K., Natajaya, N., & Anggan, G. S. (2013). Studi Evaluatif Efektivitas Implementasi Manajemen. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.
Sulistyorini. (2021). Hubungan Antara Managerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 1–22.
Susisanti, Syamsudduha, & Musdalifa. (2022). Hubungan Transparansi Dan Akuntabilitas Dengan Partisipasi Komunitas Sma Negeri 26 Bone. Manajemen Pendidikan, 17(1), 22–35. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.15407.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.