INTEGRATING STEM AND PJBL TO PROMOTE ENVIRONMENTAL AWARENESS IN PRESCHOOL (SDG 13)

Dhian Gowinda Luh Safitri (1), Kartika Rinakit Adhe (2), Melia Dwi Widayanti (3), Yes Matheos Lasarus Malaikosa (4), Nurhenti Dorlina Simatupang (5)
(1) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(4) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(5) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki efektivitas intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) dan PJBL (Pembelajaran Berbasis Proyek) oleh guru-guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Intervensi ini mencakup sesi pengembangan profesional, diikuti dengan penilaian pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan pedagogis guru. Modul guru, yang dibuat setelah intervensi, mencakup beragam tema seperti mitigasi bencana, pengelolaan sumber daya, dan konservasi lingkungan, yang mencerminkan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan STEM dan PJBL ke dalam kegiatan yang menarik. Peningkatan yang signifikan pada nilai post-test menunjukkan keberhasilan intervensi dalam membekali guru dengan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEM dengan menggunakan pendekatan PJBL. Temuan ini menunjukkan bahwa intervensi semacam itu efektif dalam meningkatkan kemampuan pendidik anak usia dini, yang pada akhirnya bermanfaat bagi peserta didik dengan memberikan mereka pengalaman pendidikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan profesional berkelanjutan dalam memajukan praktik pendidikan.

Referensi

Read More

Penulis

Dhian Gowinda Luh Safitri
dhiansafitri@unesa.ac.id (Kontak utama)
Kartika Rinakit Adhe
Melia Dwi Widayanti
Yes Matheos Lasarus Malaikosa
Nurhenti Dorlina Simatupang

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found