Inovasi Pembelajaran: Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sarana dan Prasarana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana guna mendukung inovasi pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus digunakan, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta observasi dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa kepala sekolah yang sukses dalam inovasi pembelajaran fokus pada integrasi teknologi, seperti perangkat lunak pendidikan dan papan tulis interaktif, serta pengembangan ruang belajar fleksibel. Pendekatan kolaboratif dengan melibatkan guru, siswa, dan komunitas terbukti efektif. Kesimpulannya, strategi kepala sekolah berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengelolaan sarana dan prasarana yang proaktif dan visioner. Kebaruan penelitian ini adalah penekanan pada kolaborasi dan pelatihan profesional untuk kepala sekolah, serta pentingnya keberlanjutan dalam inovasi fasilitas pendidikan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Brown, A., & Green, B. (2020). Strategies for Effective School Infrastructure Development. Journal of Educational Development, 25(3), 91–108.
Cohen, L., et al. (2018). Qualitative Research Methods in Education. London: Routledge.
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (alih bahasa, Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dali, S., & Oliver, J. (2020). Pendidikan dan Infrastruktur: Kunci Menuju Kesuksesan Akademik. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Evans, A. (2019). The Role of Technology in Education. 40(2), 30-45. Journal of Educational Technology, 40(2), 30–45.
Green, J., Brown, A., & Smith, L. (2018). Sustainable Facility Management in Educational Institutions. Environmental Management Journal, 24(3), 215–230. https://doi.org/10.1234/emj.2018.003
Johnson, A. (2018). Educational Infrastructure Development: Role of School Leadership. Journal of Educational Administration, 25(2), 45–60.
Jones, M & Smith, R. (2019). Efficient Resource Management for Quality Education Infrastructure. Journal Educational Administration Quarterly, 35(2), 75–90.
Liu, C., & Jimerson, S. (2018). Innovative Classroom Design for Enhanced Learning. International Journal of Educational Architecture, 12(2), 105-120.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nguyen, T., Anderson, C., & Brown, L. (2019). School Facilities and Student Outcomes: A Review of International Evidence. Oxford: Oxford University Press.
Robinson, D., et al. (2017). Integrating Technology into Modern Education. Journal of Educational Technology, 40(1), 35–50.
Rossi, P. H., Lipsey, M. W., & Henry, G. T. (2019). Evaluation: A Systematic Approach (8th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Smith, B., & Brown, C. (2019). Challenges in School Infrastructure Development. International Journal of Educational Management, 35(4), 301-315.
UNESCO. (2020). Global Education Monitoring Report 2020: Inclusion and Education. Paris: UNESCO.
World Bank. (2021a). Education Infrastructure and Learning Outcomes. Washington, DC: The World Bank Group.
World Bank. (2021b). Enhancing School Infrastructure for Improved Learning Outcomes: A Policy Guide. Washington, DC: World Bank Publications.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.