Inovasi Pembelajaran: Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sarana dan Prasarana

maria_leli83 maria_leli83 (1), Lilianti (2), Mujiati (3)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:32:"Universitas Muhammadiyah Kendari";}, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam pengembangan sarana dan prasarana guna mendukung inovasi pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus digunakan, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta observasi dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa kepala sekolah yang sukses dalam inovasi pembelajaran fokus pada integrasi teknologi, seperti perangkat lunak pendidikan dan papan tulis interaktif, serta pengembangan ruang belajar fleksibel. Pendekatan kolaboratif dengan melibatkan guru, siswa, dan komunitas terbukti efektif. Kesimpulannya, strategi kepala sekolah berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengelolaan sarana dan prasarana yang proaktif dan visioner. Kebaruan penelitian ini adalah penekanan pada kolaborasi dan pelatihan profesional untuk kepala sekolah, serta pentingnya keberlanjutan dalam inovasi fasilitas pendidikan.

Referensi

Read More

Penulis

maria_leli83 maria_leli83
marialeliumk@gmail.com (Kontak utama)
Lilianti
Mujiati

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found