PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS KOMPUTER PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK MELALUI PROGRAM LESSON STUDY

Endang Suprapti (1), Sandha Soemantri (2), Wudjud Soepeno Diharjo (3), Wahyuni Suryaningtyas (4), Iis Holisin (5)
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah, Indonesia,
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah,
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah,
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah, Indonesia,
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan program Lesson Study dengan mengintegrasikan aspek keimanan dan karakter dalam kegiatan akademisnya pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lesson Study pada program studi pendidikan matematika dilaksanakan pada Mata kuliah Metode Numerik semester genap 2012/2013. Pelaksaanaan Lesson Study pada program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya telah berjalan dengan sejumlah tahapan pelaksanaan Lesson Study. Tahapan tersebut adalah (1) Pembentukan tim inti Lesson Study, (2) mengidentifikasi permasalahan belajar mahasiswa, (3) menentukan tema Lesson Study, (4) melaksanakan Lesson Study (Plan-Do-See), (5) monitoring dan evaluasi (monevin) pelaksanaan Lesson Study, (6) seminar hasil Lesson
Study. Hasil-hasil yang diperoleh dalam kegiatan Lesson Study antara lain: (1) Dihasilkan perangkat pembelajaran metode numerik berbasis karater; (2) menumbuhkan karakter mahasiswa pada Mata kuliah metode numerik pada aspek teliti, kreatif, tanggungjawab, dan kerjasama; (3) Implementasi Lesson Study secara berkelanjutan akan mempercepat peningkatan profesionalisme dosen dalam pelaksanaan perkuliahan. Peningkatan keprofesionalan dosen akan diikuti oleh peningkatan efektifitas kegiatan belajar mengajar dan secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan; (4) Lesson Study memberi kesempatan pada dosen untuk dengan cermat meneliti proses belajar serta pemahaman mahasiswa dengan cara mengamati dan mendiskusikan praktik pembelajaran di kelas. Kesempatan ini juga memperkuat peran dosen sebagai peneliti di dalam
kelas.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lewis, Catherine C, 2002, Lesson Study : A Handbook of Teacher-Led Instructional Change, Philadelphia, PA : research for better Schools,Inc.

Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Ratumanan, Tanwey G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wikipedia.2007. Lesson Study. Online: http://en.wikipedia.org/wiki/Lesson_study

Penulis

Endang Suprapti
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)
Sandha Soemantri
Wudjud Soepeno Diharjo
Wahyuni Suryaningtyas
Iis Holisin

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

No Related Submission Found