MELATIH PENALARAN SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MEMAHAMI KONSEP BILANGAN PECAHAN DAN MENYELESAIKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN

IIS HOLISIN (1)
(1) Dosen FKIP UMSurabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Bilangan pecahan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan.
Mulai cara mengenalkannya sampai cara menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pecahan. Mengenalkan
bilangan pecahan tidak semudah mengenalkan bilangan bulat. Mengenalkan bilangan pecahan kepada siswa dapat diawali
dengan menggunakan benda konkrit, kemudian dengan gambar
(semi konkrit), dan akhirnya mengenalkan simbol pecahan. Dengan
menggunakan media tersebut, diharapkan siswa lebih mudah
memahami konsep bilangan pecahan. Artikel ini akan membahas beberapa langkah untuk melatih penalaran siswa Sekolah Dasar (SD)
dalam memahami konsep bilangan pecahan dan menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta:Proyek Pengembangan LPTK Dirjen Dikti Depdikbud Jakarta.

Kamii,Constance, Warrington,Mary Ann. (1999). Develoving Mathematical Reasoning in Grades K-12 : Teaching Fractions Fostering Children’s Own Reasoning. Reston, Virginia : National Council of Teachers of Mathematics.

Khabibah, Siti. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas

Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya:Pascasarjana UNESA Surabaya.

Negoro,ST dan Harahap,B. (2005). Ensiklopedia Matematika. Bogor:Ghalia Indonesia.

Rochmad. 2009. Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme yang Menggunakan

Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif (Model PMBK-ID) untuk

Siswa SMP/MTs. Ringkasan Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs UNESA.

Rochmad. 2008. Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme.

Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Disajikan pada

Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar tanggal 10 s.d. 23 Oktober 2004 di Yogyakarta.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Solso, Robert L. (1995). Cognitive Psychology. Boston: Allyn And Bacon.

Penulis

IIS HOLISIN
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

No Related Submission Found