A Analisis Item Instrumen Kesadaran Diri, Motivasi, dan Perencanaan Karir Pendidik Menggunakan Aplikasi SPSS
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menganalisis instrumen kepercayaan diri, motivasi, dan perencanaan karir pendidikan. Instrumen yang baik adalah instrumen yang bebas dari bias sehingga dalam penggunaan tidak terjadi salah penafsiran. Kesalahan dalam membuat instrumen akan membuat hasil tidak valid. Validasi instrumen perlu dilakukan untuk memastikan hasil yang terbaik. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Responden ujicoba berjumlah 100 orang dari berbagai program studi. Jumlah instrumen 90 butir yang terdiri atas tiga variabel dengan tujuh indikator. Hasil penelitian akan dilihat validitas dan reliabilitas. instrumen yang tidak memenuhi kriteria selanjutnya akan dikeluarkan karena dapat mempengaruhi kualitas penelitian.
Referensi
Brown, J. D. (2010). Testing in language programs: A comprehensive guide to English language assessment. McGraw-Hill.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2011). Educational research: Competencies for analysis and applications (10th ed.). Pearson.
Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of behavioral research (4th ed.). Harcourt College Publishers.
Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: Mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822-848.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books. https://doi.org/10.1111/j.1741-6248.1999.00375.x
Roberts, C. M., & Stark, P. (2008). Readiness for self-directed change in professional behaviours: Factorial validation of the self-reflection and insight scale. Medical Education, 42(11), 1113-1121. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2008.03156.x
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (2nd ed.). Prentice Hall.
Schunk, D. H., Meece, J. L., & Pintrich, P. R. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (4th ed.). Pearson.
Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work (2nd ed.). John Wiley & Sons.
Holland, J. L. (1997). Making Vocational Choices: A Theory of Vocational Personalities and Work Environments (3rd ed.). Psychological Assessment Resources.
Super, D. E. (1990). A life-span, life-space approach to career development. In D. Brown & L. Brooks (Eds.), Career Choice and Development (pp. 197-261). Jossey-Bass.
Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. West Sussex: John Wiley & Sons.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.