Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa
Abstrak
Ausburn dan Ausburn (dalam Kozhevnikov, 2007) mengatakan bahwa gaya kognitif merepresentasikan cara individu dalam mengendalikan kemampuan kognitif. Gaya kognitif menjadi tiga ranah, yaitu gaya kognitif psikologis (field dependent dan field independent), (2) gaya kognitif konseptual tempo (impulsif dan reflektif), (3) gaya kognitif berdasar cara berpikir (intuitif-induktif dan logik deduktif). Penelitian ini meneliti tentang gaya kognitif secara konseptual tempo yang dihitung menggunakan MFFT yang dimodifikasi Warli (2010) dan ditinjau pengaruhnya terhadap tingkat kesalahan siswa. Tingkat kesalahan siswa yang dimaksud adalah kesalahan yang dianalisis menggunakan taksonomi SOLO pada materi Aljabar di SMP Negeri 7 Surabaya.
Data hasil MFFT dan analisis kesalahan melalui taksonomi SOLO diperoleh 34 siswa subjek penelitian dengan variabel independen (X) yang dilihat dari skor t melalui MFFT dan variabel dependen (Y) dilihat dari tingkat kesalahan siswa. Sebelum melakukan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan diperoleh data yang berdistribusi normal, memenuhi linearitas, dan heteroskedastisitas. Setelah memenuhi uji asumsi klasik, dilakukan uji regresi linear sederhana dengan hasil persamaan Y = 12,939 – 1,248 X, artinya semakin cepat waktu yang digunakan siswa untuk menyelesaikan sebuah soal, akan berpengaruh negatif terhadap tingkat kesalahan siswa.Â
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kozhevnikov, M. 2007. Cognitive Style in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. Psychological Bulletin Vol. 133, No. 3. American Psychological Assosiation.
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mayer, R.E. & Massa, L.J. 2004. Three Facets of Visual and Verbal Learners: Cognitive Ability, CognitiveStyle, and LearningPreference. Journal of Educational Psychology, Vol. 95,No. 4. Copyright by the American Psychological Association,Inc.
Park, O & Lee, J. 2004. Adaptive Instructional Systems. Journal of Research for Educational Communications and Technology. Vol. 27, No.3. New Jersey: Mahwah.
Rahman, A. 2008. Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 14, No. 72.
Riding, R. J., & Rayner, S. 1998. Cognitive Styles and Learning Strategies: Understanding Style Differences in Learning and Behaviour. London: David Fulton Publishers.
Rozencwajg, P. & Corroyer, D. 2005. Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of genetic Psychology. Vol. 166, No.4. Heldref Publications.
Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Alih Bahasa, Tri Wibisono B.S. Jakarta: Kencana.
Soemantri, Sandha. 2016. Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Impulsif pada Masalah Geometri Bangun Ruang. Tesis (Pasca Sarjana). Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susan, H.dan Collinson, G. 2005. Achieving Evidence-Based Practice: A Handbook for Partitioners. Second Edition. Elsevier Health Science
Umaru, Yunusa. 2013. Influence of Reflective and Impulsive Cognitive Styles on Students Achievement in Mathematics among Senior Secondary School Students. Journal Ife PsychologIA. Vol. 21, No. 2. Center for Psychological Studies/Services.
Warli. 2010. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.
Yahaya, A., Suboh, A., Zakariya, Zurihanmi, Yahaya, F. 2005. Aplikasi Kognitif dalam Pendidikan. Pahang Darul Makmur: PTS Profesional Publishing.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.