PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HIBRID TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DIBANDINGKAN DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 CURUP TENGAH

Putri Milanda Bainamus (1)
(1) Mahasiswa Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pengaruh model pembelajaran hibrid terhadap pemahamanan matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)?; (2) bagaimana pengaruh model pembelajaran hibrid terhadap komunikasi matematika siswa SMP?; (3) bagaimana perbedaan pengaruh model pembelajaran hibrid dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMP? dan (4) bagaimana perbedaan pengaruh model pembelajaran hibrid dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk jenis eksprimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Tahun Pelajaran 2015/2016.  Jumlah  sampel yang digunakan dalam penelitian ini pada kelas eksperiman 37 orang dan kelas kontrol 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen murni dengan menggunakan control group pretest-postest. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa    (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran hibrid terhadap pemahamanan matematika siswa sekolah menengah pertama; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran hibrid terhadap komunikasi matematika siswa sekolah menengah pertama; (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran hibrid dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dan (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran hibrid dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan perlu adanya alternatif pemilihan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematika yang akan diterapkan, juga pentingnya pemberian pre-test dan post-test selama berlangsungnya proses belajar matematika

Referensi

Read More

Penulis

Putri Milanda Bainamus
putrimilanda.bainamus@gmail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Putri Milanda Bainamus, Mahasiswa Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

Jabatan: Guru Matematika

Institusi: Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found