PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA MASYARAKAT OSING BANYUWANGI PADA MATA KULIAH ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR DI POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI

Muhammad Hilmy (1), Inno Cahyaning Tyas (2), Arum Andary Ratri (3)
(1) Politeknik Negeri Banyuwangi, Indonesia,
(2) Politeknik Negeri Banyuwangi,
(3) Politeknik Negeri Banyuwangi

Abstrak

Pengembangan modul berbasis kearifan lokal telah terbukti mampu menyajikan materi yang menghubungkan antara teori dengan konteks kehidupan nyata yang dihadapi peserta didik. Pengembangan modul ini sangat tepat jika dipadukan dengan mata kuliah ilmu sosial budaya dasar yang memuat materi kehidupan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan modul dan mengujinya kepada peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis kearifan lokal ini sangat valid dengan perolehan poin 3,5 atau persentase 87,5% kemudian respon mahasiswa juga menunjukkan hasil yang positif yaitu 3,55 atau persentase 88,75 sehingga modul ini sudah bisa digunakan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alwan, S., Dkk. 2019. Suku Osing; Perspektif etnografi, sosial hukum, dan budaya. Malang: Inteligensia Media

Borg dan Gall. 1983. Research and Development in Education. San Rafael CA USA: Pearson Allyn.

Daryanto. 2013. Menyusun modul (Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar). Yogyakarta: Gava Media

Nasution, M. S. A., dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurdiniaya A., Prihandono T., Yushardi. 2019. Pengembangan modul berbasis kearifan lokal banyuwangi “pengolahan biji kopi†pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 8 No. 2 : 124-131

Safitri, N.A., dkk. 2017. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 7 No.1 : 22-29.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. dan Pasya G. K. 2013. Konstruksi Sosial Remaja Osing Terhadap Ritus Buyut Cili Sebagai Civic Culture Untuk Pembentukan Jatidiri. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13 No. 2 : 185-195

Widianto, E., dkk. 2018. Merawat tradisi dan kearifan budaya. Malang: Kelompok Intrans Publishing

Penulis

Muhammad Hilmy
muhammadhilmy@poliwangi.ac.id (Kontak utama)
Inno Cahyaning Tyas
Arum Andary Ratri
Biografi Penulis

Muhammad Hilmy, Politeknik Negeri Banyuwangi

Seorang Dosen Baru di Politeknik Negeri Banyuwangi

Rincian Artikel

No Related Submission Found