ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II SDN 3 MENGANTI

Naili Faizatul Muna (1), Muh Muhaimin (2), Hamidatus Saniyah (3), Chofifa Anggraini (4), Sultan Majid Alsafara (5)
(1) FTIK UNISNU Jepara,
(2) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia,
(3) ,
(4) ,
(5)

Abstrak

Matematika mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dalam mengembangkan
daya pikir manusia. Oleh karena itu, pelajaran matematika perlu diberikan kepada peserta didik
di setiap jenjang sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar, menengah maupun perguruan tinggi.
Matematika diberikan untuk membekali peserta didik kemampuan berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran matematika pada materi
perkalian di kelas II SDN 03 Menganti serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk
mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
problematika pembelajaran Matematika di SDN 3 Menganti yaitu terdapat beberapa peserta
didik kelas yang merasa kesulitan dalam belajar dan menyelesaikan tugas Matematika materi
perkalian. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah melaksanakan pembelajaran dengan
memanfaatkan kesukaan peserta didiknya, serta melakukan komunikasi dengan orang tua
peserta didik secara langsung untuk memberitahukan bagaimana perkembangan anaknya di
sekolah dan meminta mereka untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan potensi yang
dimiliki anak.

Referensi

Read More

Penulis

Naili Faizatul Muna
Muh Muhaimin
muhmuhaimin@unisnu.ac.id (Kontak utama)
Biografi Penulis

Naili Faizatul Muna, FTIK UNISNU Jepara

Mahasiswa PGSD

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found