Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Tatap Muka di SMP Negeri 26 Surabaya

Sendy Krisna Puspitasari (1), Mustain Mustain (2)
(1) Universitas Airlangga, Indonesia,
(2) Universitas Airlangga, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 26 Surabaya. Persepsi dari pembelajaran tatap muka ditunjukkan dengan adanya interpretasi, tanggapan, keyakinan, dan harapan menggunakan metode pembelajaran tatap muka untuk diterapkan dalam masa pandemi. Pembukaan kembali sekolah setelah relaksasi pembatasan adalah tantangan dengan standar baru prosedur yang ditetapkan. Guru berinovasi dan menerapkan sistem pembelajaran tatap muka terbaik yang paling efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah respoden 20 guru mata pelajaran yang aktif mengajar. Pembelajaran tatap muka lebih dari perencanaan potensi krisis yang membayangkan kembali masa depan pendidikan. Analisis dari hasil wawancara didapatkan hasil bahwa guru merasa lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran, siswa sangat antusias aktif dalam pembelajaran, siswa nyaman akan pembelajaran tatap muka

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Bonk, C.J. Wisher, R. & Wisher, R. & Nigrelli, M.I. 2004. Learning communities, communities of practice: practice principles, technologies and examples. In K. Littleton, D.M.

Busher, H. 2006. Understanding educational leadership: people, power, and culture. Open University Press: Maidenhead.

Doucet, A. dkk. 2020. Thinking about pedagogy in an unfolding pandemic (An Independent Report on Approaches to Distance Learning during COVID-19 School Closure). Work of Education International and UNESCO.

Giovannella, C. 2020. Measuring the effect of the Covid-19 pandemic on the Italian Learning Ecosystems at the steady state: a school teachers’ perspective.

Harden, R.M. & Crosby,J. 2000. AMEE guide no 20: The good teacher is more than a lecturer- The twelve roles of the teacher. Med Tech. Vol. 22 No 4. 334-347.

Martin, F. Wang, C. & Sadaf, A. 2020. Facilitation Matters: Instructor Perception of Helpfulness of Facilitation Strategies in Online Courses. Online Learning. Vol 24 No 1. 28-49.

Miles, M.B. Huberman, A.M. & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. An expanded source book (3rd ed.). Sage Publications.

Morrill, R. 2007. Strategic leadership: Integrating strategy and leadership in colleges and university. Westwood CT: Greenwood Publishing Group.

Moleong, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nailul, M. 2020. Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Vol. 2 No 2. 117-125

Sadikin, A. & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik. Vol. 2 No. 2. 109-119.

Schultz, J.L. Wilson, J.R. & Hess, K.C. 2010. Team-based classroom pedagogy reframed: the student perspective. American Journal of Business Education. Vol. 3 No 7. 17-24

Seville, E.H. C. & Lyttle, J. 2012. Resilience tested: A year and a half of ten thousand aftershocks. University of Canterbury.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Penulis

Sendy Krisna Puspitasari
sendy.krisna.puspitasari-2018@pasca.unair.ac.id (Kontak utama)
Mustain Mustain
Biografi Penulis

Sendy Krisna Puspitasari, Universitas Airlangga

Mahasiswa Doktoral Universitas Airlangga Surabaya

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found