ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II SDN 3 MENGANTI

Naili Faizatul Muna (1), Muh Muhaimin (2), Hamidatus Saniyah (3), Chofifa Anggraini (4), Sultan Majid Alsafara (5)
(1) FTIK UNISNU Jepara,
(2) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia,
(3) ,
(4) ,
(5)

Abstrak

Matematika mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dalam mengembangkan
daya pikir manusia. Oleh karena itu, pelajaran matematika perlu diberikan kepada peserta didik
di setiap jenjang sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar, menengah maupun perguruan tinggi.
Matematika diberikan untuk membekali peserta didik kemampuan berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran matematika pada materi
perkalian di kelas II SDN 03 Menganti serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk
mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
problematika pembelajaran Matematika di SDN 3 Menganti yaitu terdapat beberapa peserta
didik kelas yang merasa kesulitan dalam belajar dan menyelesaikan tugas Matematika materi
perkalian. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah melaksanakan pembelajaran dengan
memanfaatkan kesukaan peserta didiknya, serta melakukan komunikasi dengan orang tua
peserta didik secara langsung untuk memberitahukan bagaimana perkembangan anaknya di
sekolah dan meminta mereka untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan potensi yang
dimiliki anak.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Bunga, M. H. D., Zaenuri, Z., & Isnaeni, W. 2018. Ethnomathemtical Exploration of Palue Cultural Tribe and Its Integration Toward Learning Process at Elementary School in Nusa Tenggara Timur. Journal of Primary Education.Vol.7, No.1, hal.64-73.

Damaningsih, E. N. (2016). Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Peserta didik terhadap Hasil Belaja Matematika SMP Materi Himpunan. Naskah Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Isnaini, HF. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Materi Operasional Perkalian Kelas III SD Negeri 2 Kabupaten Bugel Grobogan. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 1 (2), 72-76.

Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Natasya, N. 2019. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota Materi Pecahan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah.Vol.3, No.2, hal.57-53.

Nisa, EH (2018). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Di Kelas Vii G Mtsn 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (Disertasi Doktor, IAIN Kediri).

Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2018). Pendidikan Matematika 1 Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Rusmaini Eka, 2020. Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu Mutiara . Journal Nagalalang Primary Education, Vol. 2, No. 1. hal. 40.

Saputra, MI, Japa, IGN, & Simamora, AH (2022). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru , 5 (2).

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica, 49-50.

Tosterman, 2019. Dewey dan Praktik Matematika: Meninjau Kembali Perbedaan Antara Pengetahuan Prosedural Dan Konseptual, Jurnal Kurikulum Studi, 51 (4): 457-47.

Utami, SAA. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Perkalianbilangan Bulat. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wulandari Aris, 2020. Problematika Mata Pelajaran Matematika dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 11 Nomor 1 Desember 2020 ISSN: 2087-9385 (print) dan 2528-696X (online).

Penulis

Naili Faizatul Muna
Muh Muhaimin
muhmuhaimin@unisnu.ac.id (Kontak utama)
Hamidatus Saniyah
Chofifa Anggraini
Sultan Majid Alsafara
Biografi Penulis

Naili Faizatul Muna, FTIK UNISNU Jepara

Mahasiswa PGSD

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found