PENERAPAN MEDIA PUZZELCERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 KELOMPOK B DI TK AL-AMIN MEDAYU UTARA SURABAYA

Shoffan Shoffa (1)
(1) FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya khususnya pada Kelompok B, adalah anak didik kurang menguasai berhitung. Anak bisa berhitung 1 sampai 20, tetapi anak kesulitan menunjukkan simbol angka yang melambangkan angka tersebut. Permasalahan kedua adalah anak-anak kurang tertarik dan kurang semangat bila diajak berhitung dengan media yang sama. Salah satu cara dalam menggembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini khususnya pada anak TK adalah memanfaatkan penggunaan media. Salah satu media dalam mengajarkan matematika berhitung adalah media puzzel cerdas.
Penelitian ini bertujuan menggambarkan kondisi pelaksanaan pembelajaran yang ditetapkan dalam kelas dan prestasi belajar anak sebagai hasil penerapan metode atau strategi pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya pada kelompok Bdengan jumlah 15 anak yang terdiri atas 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Hasil aktivitas guru pada siklus I dan siklus II, kriteria penilaian aktivitas guru meningkat dari  70% ke 80% ; 2) Hasil aktivitas anak pada siklus I dan Siklus II, persentase ketuntasan yang diraih anak meningkat dari 60% ke 75% ; 3) Hasil aktivitas kemampuan kognitif anak dari siklus I dan siklus II, diperoleh data yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-20 kelompok B di TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya meningkat dari 60% ke 80%.
Berdasarkan hasilpenelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media puzzel cerdas dapat meningkatkankemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-20 kelompok B di TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya.

Keyword: Aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan kognitif anak dalam berhitung, media puzzel cerd

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arsyad, Azhar. 2009 Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Arikunto Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asyhar, Rayandra. 2011.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Aqib, Zainal. 2009.Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: YramaWidya.

Damayanti, AyuDupika. 2009. Tuys For Kids.Yogyakarta: Curv Aksara.

Depdiknas. 2007. Skripsi PTK Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Pemanfaatan Media Balok Cuisenaire, Skripsi (Online),(http://gudangmakalah.blogspot.com/2011/07skripsiptk-upaya-meningkatkan.html, diakses 21 April2012).

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta: PT BumiAksara.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugianto, R.P. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Pengenalan Konsep Bilangan melalui Permainan Kartu Angka Di Taman Kanak-Kanak. Skripsi UPI Jurusan PG PAUD Bandung. Tidak diterbitkan.

Suharjono, 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Jakarta: Pustaka Prestasi.

Suparno, Paul, 2001,Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

Penulis

Shoffan Shoffa
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel