Abstrak
Penelitian ini bertujuan menggambarkan kondisi pelaksanaan pembelajaran yang ditetapkan dalam kelas dan prestasi belajar anak sebagai hasil penerapan metode atau strategi pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya pada kelompok Bdengan jumlah 15 anak yang terdiri atas 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Hasil aktivitas guru pada siklus I dan siklus II, kriteria penilaian aktivitas guru meningkat dari 70% ke 80% ; 2) Hasil aktivitas anak pada siklus I dan Siklus II, persentase ketuntasan yang diraih anak meningkat dari 60% ke 75% ; 3) Hasil aktivitas kemampuan kognitif anak dari siklus I dan siklus II, diperoleh data yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-20 kelompok B di TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya meningkat dari 60% ke 80%.
Berdasarkan hasilpenelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media puzzel cerdas dapat meningkatkankemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-20 kelompok B di TK Al-Amin Medayu Utara Surabaya.
Keyword: Aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan kognitif anak dalam berhitung, media puzzel cerd
Artikel teks lengkap
Referensi
Arsyad, Azhar. 2009 Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Arikunto Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asyhar, Rayandra. 2011.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Aqib, Zainal. 2009.Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: YramaWidya.
Damayanti, AyuDupika. 2009. Tuys For Kids.Yogyakarta: Curv Aksara.
Depdiknas. 2007. Skripsi PTK Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Pemanfaatan Media Balok Cuisenaire, Skripsi (Online),(http://gudangmakalah.blogspot.com/2011/07skripsiptk-upaya-meningkatkan.html, diakses 21 April2012).
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta: PT BumiAksara.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugianto, R.P. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Pengenalan Konsep Bilangan melalui Permainan Kartu Angka Di Taman Kanak-Kanak. Skripsi UPI Jurusan PG PAUD Bandung. Tidak diterbitkan.
Suharjono, 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Jakarta: Pustaka Prestasi.
Suparno, Paul, 2001,Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.