Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Aminah, Muh, Rego Aminah, Yahya, Devilla (1)
(1) SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar1. STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar2,3, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini mengatahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya, sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, pengajian data, menarik kesimpulan. Hasil temuan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada setiap siklus, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif meningkat. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada kemampuan siswa yang sudah berada pada kelompok baik pada akhir siklus untuk kemampuan berpikir kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 9 Satap Liukang Tangaya sangat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Referensi

Read More

Penulis

Aminah, Muh, Rego Aminah, Yahya, Devilla
sigitbinbasso@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found