Analisis Perbandingan Perilaku Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pengguna Layanan Bank Konvensional Dan Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Muslim Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v5i2.4883Abstract
Keputusan memilih produk barang/ jasa bagi seorang Muslim harus memperhatikan konsep yang disyariatkan oleh Islam, termasuk dalam hal memilih layanan perbankan. Penelitian ini memfokuskan pada orientasi perbandingan perilaku konsumsi pada pengguna layanan bank konvensional dan bank syariah, terutama mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya di Kota Malang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori konsumsi dari segi konvensional dan teori konsumsi berdasarkan Al-Qur’an Hadist. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah mahasiswa Muslim yang menggunakan layanan perbankan konvensional dan layanan perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Kota Malang. Teknik pengambilan data menggunakan cara purposive, sedangkan metode pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini bahwa seluruh informan memberikan informasi yang sama bahwa pada pengguna bank konvensional dalam memilih layanan perbankan mereka cenderung berdasarkan kemudahan aksesibilitas dalam penggunaan layanan, bukan pada syariat yang dimiliki oleh layanan perbankan tersebut. Sedangkan factor utama yang mendasari keputusan pemilihan bank pada pengguna bank Syariah adalah berdasarkan produk yang ditawarkan yakni kesesuaian dengan syariat agama Islam. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian tersebut maka perbaikan dan peningkatan layanan perbankan Syariah perlu untuk dilakukan, agar nasabah merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk dan layanan bank Syariah, serta dapat menjaring lebih banyak konsumen Muslim untuk menggunakan bank Syariah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.