Analisis Keputusan Masyarakat Solo Raya Menggunakan BSI Mobile Banking dengan Pendekatan TAM

Authors

  • Nindia Kartika Irawati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Taufiq Wijaya Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i2.26126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana User Interface (UI) dan User Experience (UX) berdampak pada keputusan nasabah dalam produk BSI Mobile Banking dengan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan TAM untuk melihat hubungan antara User Interface (UI), User Experience (UX), Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Behavior Intention to Use (BI) dan Actual System Use (ASU). Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagikan secara offline kepada 100 pengguna BSI Mobile Banking di wilayah Solo Raya. Dari data yang terkumpul, 94 data dinyatakan valid untuk dianalis lebih lanjut menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS 4.1.1.1. Hasil analisis data menunjukkan bahwa UI dan UX secara tidak langsung memiliki dampak positif signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan BSI Mobile Banking.

 

Kata kunci: ui/ux; technology acceptance model; mobile banking

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Nindia Kartika Irawati, & Taufiq Wijaya. (2025). Analisis Keputusan Masyarakat Solo Raya Menggunakan BSI Mobile Banking dengan Pendekatan TAM. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(2). https://doi.org/10.30651/jms.v10i2.26126

Issue

Section

Artikel