Pengembangan Julo-Julo dalam Meningkatkan Ekonomi Pedagang Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan

Authors

  • Replita Replita Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Nursyirwan Effendi Universitas Andalas
  • Taufika Ophiyandri Universitas Andalas
  • Alfan Miko Universitas Andalas
  • Ali Hardana Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i2.25795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pengembangan Julo-Julo dalam meningkatkan ekonomi pedagang di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan. Julo-Julo merupakan sebuah inovasi platform digital yang dirancang untuk membantu pedagang pasar tradisional dalam pemasaran, transaksi, dan manajemen operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap 50 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Julo-Julo memberikan dampak positif yang signifikan, di antaranya: (1) peningkatan pendapatan pedagang sebesar 83,33%, (2) kepuasan pedagang yang tinggi, terutama dalam hal pemasaran digital dan efisiensi transaksi, (3) peningkatan jumlah konsumen sebesar 100%, dengan kontribusi besar dari konsumen online, serta (4) faktor utama peningkatan pendapatan adalah pemasaran digital dan transaksi digital. Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya literasi digital dan ketersediaan jaringan internet yang tidak stabil

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

Replita, R., Effendi, N., Ophiyandri, T., Miko, A., & Hardana, A. (2025). Pengembangan Julo-Julo dalam Meningkatkan Ekonomi Pedagang Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(2). https://doi.org/10.30651/jms.v10i2.25795

Issue

Section

Artikel