Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc pada Konsumen SMA Santo Yosep Kecamatan Aek Kanopan

Authors

  • Jhon Vernando Naibaho Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia
  • Riza Fanny Meutia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia
  • Dahrul Siregar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25723

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik somethinc pada konsumen di SMA SANTO YOSEP Aek kanopan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dalam bentuk angket cetak yang disebar kepada responden dan analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS Statistic 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Word of mouth (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa social media marketing dan Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Naibaho, J. V., Meutia, R. F., & Siregar, D. (2025). Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc pada Konsumen SMA Santo Yosep Kecamatan Aek Kanopan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(1). https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25723

Issue

Section

Artikel