Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Ispring Quiz untuk Siswa Kelas IV di SDIT Ashibgoh
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25471Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk audio visual melihat hasil pengembangan media ini dapat bernilai, praktis, dan valid untuk dapat mengakomodasi penggunaaan media audio visual berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan Ispring Quiz. Media pembelajaran dirancang untuk menunjang atau melengkapi saluran informasi, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif, minat, dan kesenangan siswa dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D).yang dapat menghasilkan produk baru, atau pengembangan produk yang sudah ada dan perlu untuk dikembangkan dengan baik. Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penelitian ADDIE yang digunakan untuk perancang instruksional pengembang pelatihan yang dinamis. Berdasarsakan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva pada pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Ispring Quiz. Berdasarkan validasi Ahli media telah memperoleh nilai “Setuju Baik” dengan skor 4,37. Sedangkan ahli materi memperoleh nilai “Baik “ dengan skor 4. Kemudian respon guru bidang bahasa Inggris memberikan nilai “Baik” dengan skor 4, Adapun pengujian yang telah dilakukan dengan tahap uji coba produk terhadap skala kecil yang memperoleh penilaian produk menggunakan angket mendapatkan nilai “ Sangat Baik“ dengan skor 5. Sedangkan pengujian yang telah dilakukan dengan tahap uji coba produk terhadap skala besar yang memperoleh penilaian produk menggunakan angket mendapatkan nilai “Baik “ dengan skor 4,46. maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk peserta didik kelas IV SD dengan penambahan menggunakan Ispring Quiz ini bertujuan agar dapat digunakan sebagai evaluasi membuat soal-soal untuk peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.