Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Ispring Quiz untuk Siswa Kelas IV di SDIT Ashibgoh

Authors

  • Anida Zahranisa Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dayu Retno Puspita Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Een Unaenah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25471

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk audio visual melihat hasil pengembangan media ini dapat bernilai, praktis, dan valid untuk dapat mengakomodasi penggunaaan media audio visual berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan Ispring Quiz. Media pembelajaran dirancang untuk menunjang atau melengkapi saluran informasi, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif, minat, dan kesenangan siswa dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D).yang dapat menghasilkan produk baru, atau pengembangan produk yang sudah ada dan perlu untuk dikembangkan dengan baik. Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penelitian ADDIE yang digunakan untuk perancang instruksional pengembang pelatihan yang dinamis. Berdasarsakan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva pada pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Ispring Quiz. Berdasarkan validasi Ahli media telah memperoleh nilai “Setuju Baik” dengan skor 4,37. Sedangkan ahli materi memperoleh nilai “Baik “ dengan skor 4. Kemudian respon guru bidang bahasa Inggris memberikan nilai “Baik” dengan skor 4, Adapun pengujian yang telah dilakukan dengan tahap uji coba produk terhadap skala kecil yang memperoleh penilaian produk menggunakan angket mendapatkan nilai “ Sangat Baik“ dengan skor 5. Sedangkan pengujian yang telah dilakukan dengan tahap uji coba produk terhadap skala besar yang memperoleh penilaian produk menggunakan angket mendapatkan nilai “Baik “ dengan skor 4,46. maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk peserta didik kelas IV SD dengan penambahan menggunakan Ispring Quiz ini bertujuan agar dapat digunakan sebagai evaluasi membuat soal-soal untuk peserta didik.

Published

2025-01-18

How to Cite

Anida Zahranisa, Dayu Retno Puspita, & Een Unaenah. (2025). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Ispring Quiz untuk Siswa Kelas IV di SDIT Ashibgoh. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(1). https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25471

Issue

Section

Artikel