Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Konsumen pada Platform Social Commerce: Studi Kasus Konsumen Tiktok Shop di Jakarta

Authors

  • Ahmad Muzaki Universitas Negeri Jakarta
  • Setyo Ferry Wibowo Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Agustin Pratama Sari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.23080

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk  untuk  menguji  pengaruh  positif dan signifikan sales promotion, online customer review, social media influencer, dan social media advertising terhadap purchase intention. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang didistribusikan secara online melalui platform media sosial seperti Whatsapp dan Instagram. Objek yang diambil dalam penelitian   ini adalah responden yang belum pernah atau setidaknya mengetahui tentang platform Tiktok Shop yang berdomisili tempat tinggal di DKI Jakarta dan berumur minimal 17 tahun keatas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 26 dan SEM (Structural Equation Model) dari software Lisrel 8.80 untuk melakukan proses analisis dan pengolahan data hasil penelitian. Adapun hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion, online customer review, social media advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sosial media influencer tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Muzaki, A., Wibowo, S. F., & Sari, D. A. P. (2024). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Konsumen pada Platform Social Commerce: Studi Kasus Konsumen Tiktok Shop di Jakarta. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3). https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.23080

Issue

Section

Artikel