Analisis Tingkat Kepercayaan Nasabah pada Keamanan Transaksi Perbankan melalui Mobile Banking (M-Banking)

Andri Sahata Sitanggang (1), Suryani Lestari (2), Neng Cika Febrianti (3), Azka Az-zahra (4), Marisha Nurazizah Fitriadi (5)
(1) Universitas Komputer Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Komputer Indonesia, Indonesia,
(3) Universitas Komputer Indonesia, Indonesia,
(4) Universitas Komputer Indonesia, Indonesia,
(5) Universitas Komputer Indonesia, Indonesia

Abstract

Mobile Banking merupakan layanan perbankan untuk lebih mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone . Dengan mobile banking nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan kapan saja dan di mana saja selama terhubung ke internet. Penelitian ini menganalisis teknologi dan keamanan transaksi perbankan melalui mobile banking ( M-Banking ) di Indonesia. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data dari 71 nasabah melalui survei kuesioner. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana mobile banking (M-Banking) digunakan oleh nasabah serta menyebarkan persepsi mereka terhadap keamanan transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71 responden menggunakan mobile banking ( M-Banking ) secara rutin untuk transaksi perbankan. Namun, 18,3% dari mereka mengalami masalah keamanan, seperti risiko pencurian data dan penipuan online. Analisis data menunjukkan bahwa persepsi keamanan secara signifikan mempengaruhi keputusan nasabah untuk tetap menggunakan layanan mobile banking (M-Banking) . Temuan ini menegaskan bahwa meskipun teknologi mobile banking (M-Banking) menawarkan kemudahan, isu keamanan tetap menjadi tantangan utama. Oleh karena itu, bank perlu memperkuat langkah-langkah keamanan seperti enkripsi data dan otentikasi dua faktor, serta memberikan edukasi kepada nasabah mengenai cara melindungi informasi pribadi. Peningkatan keamanan dan edukasi nasabah diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pada penggunaan mobile banking (M-Banking) , serta memberikan perlindungan yang lebih baik bagi nasabah.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Andri Sahata Sitanggang
andri.sahata@email.unikom.ac.id (Primary Contact)
Suryani Lestari
Neng Cika Febrianti
Azka Az-zahra
Marisha Nurazizah Fitriadi
Sahata Sitanggang, A., Lestari, S., Cika Febrianti, N., Az-zahra, A., & Nurazizah Fitriadi, M. (2024). Analisis Tingkat Kepercayaan Nasabah pada Keamanan Transaksi Perbankan melalui Mobile Banking (M-Banking). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3). https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.23067

Article Details