Pengaruh Inflasi terhadap Tingkat Pengangguran di Kota Medan Tahun 2019 – 2023

Mica Siar Meiriza (1), Arif Rahman (2), Desmila Atheja Syahfitri Lingga (3), Enzi Anatasya Br Sembiring (4), Etri Br Kaban (5), Krisdamaiyanti Hia (6), Salamah Tumangger (7), Naila Zuhra (8)
(1) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(4) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(5) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(6) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(7) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(8) Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract

Inflasi memiliki konsekuensi terhadap penurunan kesejahteraan populasi serta kestabilan ekonomi sebuah negara. Fenomena inflasi tetap menjadi isu yang dielakkan oleh setiap negara secara global karena mempengaruhi penetapan harga secara umum di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak inflasi terhadap tingkat pengangguran di Medan. Pengangguran, yang didefinisikan sebagai kondisi di mana individu tidak terlibat dalam pekerjaan produktif apapun, juga merupakan sebuah fenomena yang lazim ditemukan. Studi ini mengambil data sekunder dari Badan Pusat Statistik Kota Medan sebagai landasan analisis, dengan tambahan sumber melalui literatur, dokumentasi terkait, dan pencarian data dari internet. Fokus dari jurnal ini adalah untuk menganalisis dampak dari inflasi pada pengangguran di Medan selama periode 2019-2023.  Materi yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yang diakuisisi dari Badan Pusat Statistik.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Mica Siar Meiriza
Arif Rahman
Desmila Atheja Syahfitri Lingga
desmilaatheja@gmail.com (Primary Contact)
Enzi Anatasya Br Sembiring
Etri Br Kaban
Krisdamaiyanti Hia
Salamah Tumangger
Naila Zuhra
Meiriza, M. S., Rahman, A., Lingga, D. A. S., Sembiring, E. A. B., Kaban, E. B., Hia, K., … Zuhra, N. (2024). Pengaruh Inflasi terhadap Tingkat Pengangguran di Kota Medan Tahun 2019 – 2023. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3). https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22813

Article Details