Pengaruh Komunikasi Sosial Media dan Persepsi Harga terhadap Intensi Pembelian pada Bisnis Mixue Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22808Abstract
Perkembangan teknologi saat ini telah membawa seluruh aspek dari kehidupan menjadi lebih mudah. Digitalisasi menawarkan sejumlah kemudahan pada aktivitas yang biasanya memakan banyak waktu dan kurang efisien dalam pengerjaannya. Tidak terkecuali pada dunia bisnis, salah satunya adalah dengan kemunculan sosial media yang pada saat ini sudah tidak asing dan muncul berdampingan dengan kehidupan saat ini. Sesaat setelah kemajuan teknologi sosial media ini muncul, berbagai macam bisnis mulai mengadaptasi konsep komunikasi sosial media dalam rangka mengenalkan produk dan mendekatkan bisnis mereka pada calon pelanggan untuk membangun ikatan yang erat dengan konsumen demi keuntungan bisnis jangka panjang. Dalam hal ini bisnis f&b yang dikenal menjual produk Ice Cream dan minuman tehnya yakni Mixue, juga menjadi salah satu bisnis yang mengadopsi teknik komunikasi di sosial media untuk menarik intensi beli para konsumennya. Selain itu, Mixue juga dikenal karna harga dari produknya terbilang cukup terjangkau. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan analisis PLS-SEM. Dengan menggunakan sampel sebanyak 124 konsumen Mixue yang aktif dalam menggunakan media sosial pada platform Facebook, Instagram dan Tiktok. Model pengukuran dievaluasi terlebih dahulu bertujuan mengetahui reliabilitas dan validitas indikator, kemudian model struktural diestimasi guna menguji keterkaitan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik komunikasi media sosial yang di inisiasi oleh konsumen memiliki dampak yang lebih signifikan daripada komunikasi sosial media yang di inisiasi oleh perusahaan terhadap intensi beli kosumen. Di sisi lain, komunikasi sosial media yang diinisiasi oleh perusahaan terbukti tidak memiliki pegaruh yang signifikan dalam mendorong intensi beli pada konsumen. Namun persepsi harga secara statistik memiliki pengaruh yang lebih besar dari komunikasi sosial media dalam mempengaruhi dan mendorong intensi beli dari konsumen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.