Pengaruh Komunikasi Sosial Media dan Persepsi Harga terhadap Intensi Pembelian pada Bisnis Mixue Indonesia

Aldy Ardhyan Fahrezi (1), Mohamad Hutomo (2)
(1) Universitas Teknologi Digital, Indonesia,
(2) Universitas Teknologi Digital, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah membawa seluruh aspek dari kehidupan menjadi lebih mudah. Digitalisasi menawarkan sejumlah kemudahan pada aktivitas yang biasanya memakan banyak waktu dan kurang efisien dalam pengerjaannya. Tidak terkecuali pada dunia bisnis, salah satunya adalah dengan kemunculan sosial media yang pada saat ini sudah tidak asing dan muncul berdampingan dengan kehidupan saat ini. Sesaat setelah kemajuan teknologi sosial media ini muncul, berbagai macam bisnis mulai mengadaptasi konsep komunikasi sosial media dalam rangka mengenalkan produk dan mendekatkan bisnis mereka pada calon pelanggan untuk membangun ikatan yang erat dengan konsumen demi keuntungan bisnis jangka panjang. Dalam hal ini bisnis f&b yang dikenal menjual produk Ice Cream dan minuman tehnya yakni Mixue, juga menjadi salah satu bisnis yang mengadopsi teknik komunikasi di sosial media untuk menarik intensi beli para konsumennya. Selain itu, Mixue juga dikenal karna harga dari produknya terbilang cukup terjangkau. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan analisis PLS-SEM. Dengan menggunakan sampel sebanyak 124 konsumen Mixue yang aktif dalam menggunakan media sosial pada platform Facebook, Instagram dan Tiktok. Model pengukuran dievaluasi terlebih dahulu bertujuan mengetahui reliabilitas dan validitas indikator, kemudian model struktural diestimasi guna menguji keterkaitan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik komunikasi media sosial yang di inisiasi oleh konsumen memiliki dampak yang lebih signifikan daripada komunikasi sosial media yang di inisiasi oleh perusahaan terhadap intensi beli kosumen. Di sisi lain, komunikasi sosial media yang diinisiasi oleh perusahaan terbukti tidak memiliki pegaruh yang signifikan dalam mendorong intensi beli pada konsumen. Namun persepsi harga secara statistik memiliki pengaruh yang lebih besar dari komunikasi sosial media dalam mempengaruhi dan mendorong intensi beli dari konsumen.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Aldy Ardhyan Fahrezi
aldy10120880@digitechuniversity.ac.id (Primary Contact)
Mohamad Hutomo
Fahrezi, A. A., & Hutomo, M. (2024). Pengaruh Komunikasi Sosial Media dan Persepsi Harga terhadap Intensi Pembelian pada Bisnis Mixue Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3). https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22808

Article Details