FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERNGARUH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-SAMSAT PADA WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR KOTA SAMARINDA

Eka Febriani (1), Nor Habibah (2)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:22:"Universitas Mulawarman";}, Indonesia,
(2) , Indonesia

Abstract

Riset ini menganalisis pengaruh dari kualitas sistem, kualitas informasi, persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap minat dari Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Kota Samarinda akan penggunaan e-samsat. Teknik purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel dengan 120 responden yang memenuhi kriteria. Data primer yang digunakan dalam riset ini berupa kuesioner dengan SmartPLS 4.0 sebagai alat analisis. Hasil riset ini menemukan kualitas sistem, kualitas informasi dan persepsi kemudahan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap minat penggunaan e-samsat. Selain itu, persepsi kebermanfaatan ditemukan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-samsat.


 


Kata kunci: Kualitas sistem, kualitas informasi, persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, minat penggunaan e-samsat.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Eka Febriani
eka.febriani@feb.unmul.ac.id (Primary Contact)
Nor Habibah
Febriani, E., & Habibah, N. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERNGARUH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-SAMSAT PADA WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR KOTA SAMARINDA. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2). https://doi.org/10.30651/jms.v9i2.22253

Article Details