Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Consumer Cyclicals di Indonesia

Authors

  • Anisya Rizanika Universitas Negeri Jakarta
  • Gatot Nazir Ahmad Universitas Negeri Jakarta
  • Titis Fatarina Mahfirah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan sektor consumer cyclicals di Indonesia. Terdapat empat variabel utama yang terdiri dari rasio-rasio keuangan seperti likuiditas, aktivitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan dengan dua variabel kontrol yaitu profitabilitas dan umur perusahaan. Sampel yang digunakan yaitu perusahaan-perusahaan pada sektor consumer cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling methode sehingga didapatkan 40 perusahaan yang akan dijadikan sampel. Adapun data penelitian ini diolah dengan menggunakan metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian menyatakan bahwa likuiditas tidak memiliki pengaruh pada periode sebelum pandemi, saat pandemi, dan keseluruhan. Sedangkan aktivitas memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan pada periode sebelum pandemi. Solvabilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada periode sebelum pandemi, selama pandemi, maupun secara keseluruhan. Selama masa pandemi, ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Rizanika, A., Ahmad, G. N., & Mahfirah, T. F. (2024). Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Consumer Cyclicals di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1). https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21915

Issue

Section

Artikel