Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Cicilan Kendaraan Kepada Nasabahnya
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21511Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pemasaran keuangan yang terus berkembang yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan. Pendekatan empiris yang dipadukan dengan metodologi deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan.berdasarkan pengamatan dari penelitian,mekanisme dan tatacara pembiayaan kendaraan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dimulai dari penyampaian proposal atau berkas,dilanjutkan dengan penelusuran berkas,persetujuan pembiayaan,dan penandatanganan perjanjian pembiayaan.Selanjutnya bank menerbitkan purchaseorder (PO) kepada dealer atau showroom dengan spesifikasi sesuai keinginan nasabah, menyiapkan segala dokumen yang diperlukan bank untuk menyalurkan pembiayaan,dan mengatur pembayaran angsuran sesuai kesepakatan.Bauran pemasaran yang terdiri dari produk,penetapan harga,distribusi atau tempat,dan promosi merupakan pendekatan pemasaran yang digunakan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dalam meningkatkan pembiayaan kendaraan bermotor (promosi). Hasil analisis SWOT kelebihannya antara lain jangka waktu angsuran diperpanjang,tidak ada biaya penalti, uang muka rendah, margin rendah, uang muka rendah, dan pelaksanaan sesuai syariah, kecuali lokasi strategis. Salah satu kelemahannya adalah kurangnya kesadaran masyarakat.Peluang yang ada mencakup keinginan kuat individu untuk memiliki mobil dan meningkatnya jumlah yang mendukung Islam dan keyakinannya. ancaman (threats), khususnya pertumbuhan lembaga pembiayaan,termasuk leasing,yang focus pada pembelian mobil dan mendorong individu untuk mengajukan pinjaman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.