Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Cicilan Kendaraan Kepada Nasabahnya

Authors

  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Yoga Pratama Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21511

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pemasaran keuangan yang terus berkembang yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan. Pendekatan empiris yang dipadukan dengan metodologi deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan.berdasarkan pengamatan dari penelitian,mekanisme dan tatacara pembiayaan kendaraan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dimulai dari penyampaian proposal atau berkas,dilanjutkan dengan penelusuran berkas,persetujuan pembiayaan,dan penandatanganan perjanjian pembiayaan.Selanjutnya bank menerbitkan purchaseorder (PO) kepada dealer atau showroom dengan spesifikasi sesuai keinginan nasabah, menyiapkan segala dokumen yang diperlukan bank untuk menyalurkan pembiayaan,dan mengatur pembayaran angsuran sesuai kesepakatan.Bauran pemasaran yang terdiri dari produk,penetapan harga,distribusi atau tempat,dan promosi merupakan pendekatan pemasaran yang digunakan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dalam meningkatkan pembiayaan kendaraan bermotor (promosi). Hasil analisis SWOT kelebihannya antara lain jangka waktu angsuran diperpanjang,tidak ada biaya penalti, uang muka rendah, margin rendah, uang muka rendah, dan pelaksanaan sesuai syariah, kecuali lokasi strategis. Salah satu kelemahannya adalah kurangnya kesadaran masyarakat.Peluang yang ada mencakup keinginan kuat individu untuk memiliki mobil dan meningkatnya jumlah yang mendukung Islam dan keyakinannya. ancaman (threats), khususnya pertumbuhan lembaga pembiayaan,termasuk leasing,yang focus pada pembelian mobil dan mendorong individu untuk mengajukan  pinjaman.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Tuti Anggraini, & M. Yoga Pratama Harahap. (2024). Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Padang Bulan dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Cicilan Kendaraan Kepada Nasabahnya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1). https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21511

Issue

Section

Artikel