Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran (Studi Kasus Sop Ayam Pak Mim Klaten Di Cikarang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21365Abstract
Penelitian ini difokuskan pada kelayakan bisnis Sop Ayam Pak Mim Klaten, yang telah berhasil beroperasi sekitar tahun 2019 di Cikarang, Bekasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan menganalisis potensi pengembangan bisnis dengan membuka cabang-cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Aspek-aspek tertentu yang digunakan dalam menganalisis kelayakan bisnis mencakup pasar dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengembangan usaha ini sangat positif, terutama dalam hal pasar dan pemasaran. Dari segi pasar, produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul, harga yang bersaing dengan pesaing lain, dan UMKM Sop Ayam Pak Mim Klaten telah menjalin kerjasama dengan platform pemesanan makanan online seperti Gofood, Grabfood, dan Shopeefood. Di samping itu, penerapan strategi promosi melalui word of mouth dan diskon pada awal pembukaan juga menjadi faktor yang mendukung. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mendalam. Dari hasil keseluruhan penelitian ini, tergambar gambaran menyeluruh bahwa Sop Ayam Pak Mim Klaten menunjukkan tingkat kelayakan yang cukup tinggi, terutama ketika dipertimbangkan dari perspektif pasar dan pemasarannya yang telah dikaji secara mendalam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Sop Ayam Pak Mim Klaten memiliki potensi yang kuat untuk berhasil dalam pengembangan usahanya di beberapa wilayah di Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.