Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran (Studi Kasus Sop Ayam Pak Mim Klaten Di Cikarang Selatan)

Authors

  • Anisa Triyana Bate’e Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi
  • Dita Lia Septian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi
  • Gilang Pradana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi
  • Sheila Ramadhani Krisanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi
  • RR. Wening Ken Widodasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Bangsa, Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21365

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kelayakan bisnis Sop Ayam Pak Mim Klaten, yang telah berhasil beroperasi sekitar tahun 2019 di Cikarang, Bekasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan menganalisis potensi pengembangan bisnis dengan membuka cabang-cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Aspek-aspek tertentu yang digunakan dalam menganalisis kelayakan bisnis mencakup pasar dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengembangan usaha ini sangat positif, terutama dalam hal pasar dan pemasaran. Dari segi pasar, produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul, harga yang bersaing dengan pesaing lain, dan UMKM Sop Ayam Pak Mim Klaten telah menjalin kerjasama dengan platform pemesanan makanan online seperti Gofood, Grabfood, dan Shopeefood. Di samping itu, penerapan strategi promosi melalui word of mouth dan diskon pada awal pembukaan juga menjadi faktor yang mendukung. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mendalam. Dari hasil keseluruhan penelitian ini, tergambar gambaran menyeluruh bahwa Sop Ayam Pak Mim Klaten menunjukkan tingkat kelayakan yang cukup tinggi, terutama ketika dipertimbangkan dari perspektif pasar dan pemasarannya yang telah dikaji secara mendalam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Sop Ayam Pak Mim Klaten memiliki potensi yang kuat untuk berhasil dalam pengembangan usahanya di beberapa wilayah di Indonesia.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Anisa Triyana Bate’e, Dita Lia Septian, Gilang Pradana, Sheila Ramadhani Krisanti, & RR. Wening Ken Widodasih. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran (Studi Kasus Sop Ayam Pak Mim Klaten Di Cikarang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1). https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21365

Issue

Section

Artikel