Analisis Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Bisnis pada Umkm Falisha Catering Medan

Authors

  • Laila Annisyah Lubis

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.20529

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kekuatan, kelemahan, Peluang dan AncamanĀ  pada Faktor Internal dan Eksternal yang ada di Falisha Catering. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan metode Analisis SWOT, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berfokus pada beberapa narasumber terutama pemilik usaha tersebut ibuk Yunistika, dengan teknik analisis data menggunakan metode berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini Startegi pemasaran pada UMKM Falisha Catering Medan yaitu pemilik mampu menciptakan variasi makanan dengan kualitas bahan baku yang tersedia, merekomendasikan makanan terbaru dengan promosi melalui marketing, mengikuti event kuliner yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan yang baik. Hasil dari analisis SWOT nya diperoleh bahwa di dalam matriks IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,86. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha dari Falisha catering berada pada inetrnal yang begitu kuat. Selanjutnya, didalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 2,58. Hal ini mengidikasikan bahwa usaha dari Falisha catering dapat merespon peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman yang berada di pasar bisnis kuliner

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Annisyah Lubis, L. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Bisnis pada Umkm Falisha Catering Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(3). https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.20529

Issue

Section

Artikel